8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsi Utamanya

Belakangan ini kata sistem informasi akuntansi semakin akrab di telinga kita. hal tersebut karena secara langsung maupun tidak langsung, kita selalu berhubungan dengan sistem informasi akuntansi, Misalnya ketika kita kecit kita membeli permen atau mainan di toko, saat itu tanpa disadari kita telah melakukan transaksi akuntansi. Bila kita menjual kembali permen atau mainan yang telah kita beli itu berarti kita telah melakukan transaksi akuntansi dalam bentuk lain. Bila kita menerima invoice atau bon dari toko itu berati kita telah menerima informasi akuntansi. Sistem informasi yang menghasilkan informasi semacam ini disebut sebagai sistem informasi akuntansi (SIA).

Kita mungkin terlibat di dalam sistem informasi akuntansi sebagai penerima informasi. Dilain pihak, Kita juga mungkin menggunakan sistem informasi akuntansi pada tingkatan yang lebih luas di dalam manajamen perusahaan. Sebagai contoh kita selalu mencatat setiap transaksi yang terjadi ke dalam jurnal-jurnal dan menyiapkan laporan keuangan atas semua transaksi atau aktivitas bisnis yang telah dilakukan maka kita dianggap telah menggunakan sistem informasi akuntansi secara langsung.

Oleh karena pentingnya Sistem Informasi Akuntansi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi menurut para ahli dan Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi, yang akan kami jabarkan selengkap mungkin, Langsung saja mari simak ulasan berikut ini.

8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

1. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Wilkinson
Sistem informasi akuntansi menurut Wilkinson (2000), sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi yang mencakup semua fungsi dan aktivitas akuntansi, yang memperhatikan akibat yang akan ditimbulkan pada sumber daya ekonomi dari kejadian eksternal maupun operasi di internal organisasi.

2. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Nugroho Widjajanto
Sistem informasi akuntansi menurut Nugroho Widjajanto dalam bukunya yang berjudul "Sistem Informasi Akuntansi", sistem informasi akuntansi adalah susunan catatan, formulir, peralatan termasuk komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan laporan yang terkoordinasi secara erat yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan kedalam informasi yang dibutuhkan manajemen.
8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi
8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi

3. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Romney dan Steinbart
Sistem informasi akuntansi menurut Romney dan Steinbart (Fitriasari 2004:3), sistem informasi akuntansi adalah suatu rangkaian yang terdiri dari beberapa komponen yaitu orang-orang, prosedur-prosedur data software dan infrastruktur teknologi yang saling berhubungan dan berinteraksi untuk mancapai suatu tujuan.

4. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Azhar Susanto
Sistem informasi akuntansi menurut Azhar Susanto (2013:72) dalam bukunya yang berjudul "Sistem Informasi Akuntansi", sistem informasi akuntansi adalah Kumpulan atau group dari sub sistem / komponen / bagian apapun baik phisik / non phisik yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data transaksi yang berkaitan dengan masalah keuangan menjadi informasi keuangan

5. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Laudon
Sistem informasi akuntansi menurut Laudon di dalam buku karangan Azhar Susanto (2013:52) yang berjudul "Sistem Informasi Akuntansi", sistem informasi akuntansi adalah komponen-komponen yang saling berkaitan dan bekerjasama untuk mengumpulkan, menyimpan dan memproses informasi guna mendukung pengambilan keputusan, pengendalian, koordinasi, dan untuk memberikan gambaran aktivitas internal perusahaan.

6. Sistem Informasi Akuntansi Menurut William S. Hopwood dan George H. Bodnar
Sistem informasi akuntansi menurut William S. Hopwood dan George H. Bodnar (1998), sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya yang didesain untuk mentransformasikan data keuangan dan data-data lainnya menjadi informasi. Informasi yang dihasilkan akan digunakan dalam berbagai bentuk untuk kepentingan pengambilan keputusan.

7. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Jones dan Rama
Sistem informasi akuntansi menurut Jones dan Rama (2006), sistem informasi akuntansi adalah sebuah subsitem dari sistem informasi manajemen, dimana subsistem tersebut menyediakan informasi akuntansi dan keuangan, bersamaan dengan informasi lainnya dalam proses transaksi akuntansi yang rutin.

8. Sistem Informasi Akuntansi Menurut Mulyadi
Sistem informasi akuntansi menurut Mulyadi (2008), sistem informasi akuntansi adalah suatu bentuk sistem informasi yang memiliki tujuan untuk menyediakan informasi bagi pengelola kegiatan usaha, memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada sebelumnya, memperbaiki pengendalian akuntasi dan juga pengecekan internal, serta membantu memperbaiki biaya klerikal dalam pemeliharaan catatan akuntansi.

Secara umum, Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kumpulan struktur dan prosedur berbasis teknologi informasi, yang bekerja bersama, dengan tujuan untuk mengubah data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang berguna bagi stakeholder. Informasi yang dihasilkan dari Sistem Informasi Akuntansi, akan digunakan oleh para stakeholder (pengambil keputusan) untuk menyusun keputusan, baik yang bersifat teknis maupun nonteknis.

Baca Juga : 14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli

Pada dasarnya Sistem Informasi Akuntansi merupakan subsistem dari Sistem Informasi Manajemen, yang bertugas untuk mengelola data transaksi seluruh aktivitas yang ada. Dalam Sistem Informasi Manajemen, seluruh data organisasi, baik itu data keuangan maupun nonkeuangan, dikelola untuk dijadikan informasi bagi seluruh tingkatan manajemen dalam membantu pengambilan keputusannya. Sedangkan informasi yang disediakan pada Sistem Informasi Akuntansi berkisar pada informasi yang berkaitan dengan hasil pengolahan transaksi organisasi yang lebih bersifat keuangan. Diman pada umumnya Sistem Informasi Akuntansi dibagi menjadi 5 subsistem / siklus utama yaitu : Sistem Informasi Pendapatan, Sistem Informasi Pengeluaran, Sistem Informasi Produksi, Sistem Informasi Penggajian dan Sistem Informasi Pelaporan.

Tujuan / Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi

Terdapat berbagai macam tujuan / fungsi dari Sistem Informasi Akuntansi, Salah satunya menurut Mulyadi (2001:19-20), menurut mulyadi terdapat 4 tujuan umum sistem informasi akuntansi (SIA) yaitu sebagai berikut:
  1. Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha / manajemen.
  2. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.
  3. Untuk memperbaharui pengendalian akuntansi dan pengecekan di dalam perusahaan, yaitu untuk memperbaharui tingkat keandalan (realibility) informasi akuntansi dan berguna dalam menyiapkan catatan lengkap perihal perlindungan kekayaan dan pertanggung jawaban perusahaan.
  4. Untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah.

Secara lengkap Tujuan / Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebagai berikut
  1. Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha / manajemen.
  2. Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen. Kepengurusan merujuk ke tanggung jawab manajemen untuk mengendalikan sumber daya perusahaan secara benar. Nantinya SIA menyediakan informasi tentang fungsi dan kegunaan sumber daya ke para pemakai informasi melalui laporan keuangan yang dibutuhkan.
  3. Untuk membantu pengambilan keputusan manajemen. Sistem informasi akuntansi ini akan memberikan informasi kepada para manajer yang mereka butuhkan untuk melakukan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan tersebut.
  4. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.
  5. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern perusahaan, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan (realibility) informasi akuntansi dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggung jawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan.
  6. Untuk membantu kegiatan operasi perusahaan setiap harinya secara berkelanjutan. karena SIA menyediakan informasi bagi personil operasi guba mendukung mereka melakukan tugas setiap hari secara efektif dan efisien.
  7. Untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah.

Baca Juga : 12 Fakta Unik Mahasiswa Teknik Informatika

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

  1. Sumber daya manusia (SDM) / manusia sebagai pelaku yang menjalankan sistem, misalnya seorang Accounting.
  2. Transaksi, yang merupakan objek dari sistem informasi akuntansi sebagai input (masukan), yang kemudian diproses sehingga dighasilkan informasi
  3. Prosedur, yang merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan transaksi atau kegiatan perusahaan.
  4. Formulir Data Keuangan / Dokumen, untuk mencatat seluruh aktifitas keuangan meliputi transaksi kas, persediaan, aktiva tetap, hutang, piutang, penjualan dan biaya yang digunakan sebagai sarana pencatatan setiap terjadinya transaksi.
  5. Hardware berupa seperangkat komputer yang terhubung dengan jaringan (Networking), dan kelengkapan aksesoris pendukung lainnnya.
  6. Accounting Software, contohnya: Oracle Finance, zahiraccounting dan MYOB.

Kendala Umum dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi

  1. Dibutuhkan software accounting dan perangkat komputer (hardware) yang menunjang tingkat kerahasiaan dan keamanan data keuangan 100%.
  2. SDM / sumber daya manusia yang tidak siap terhadap penerapan sistem dan standarisasi keuangan yang baru, sehingga dibutuhkan waktu untuk pelatihan dan penerapannya.


Sekian Artikel mengenai 8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsi Utamanya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Sistem Informasi Akuntansi, pengertian sitem akuntansi dan pegertian sistem informasi akuntansi. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari penulisan maupun penjelasan mohon kritik dan saran yang membangun untuk kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsi Utamanya
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "8 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsi Utamanya"

Post a Comment