14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli

Belakangan ini kata manajemen / sistem informasi manajemen semakin akrab di telinga kita, hal tersebut karena manajemen digunakan di seluruh lini kehidupan. Siapa yang tidak membutuhkan manajemen ? Bahkan, organisasi terkecil seperti rumah tangga pun membutuhkan manajemen yang tepat. Kalau tidak, akan sulit memperoleh suasana rumah tangga yang teratur dan terkontrol dengan baik. apalagi dilingkungan yang lebih besar misalnya perusahaan, perusahaan tentunya membutuhkan manajemen untuk mengatur segala kegiatan yang dijalankannya.

Mengingat semakin pentingnya Manajemen terutama Sistem Informasi Manajemen, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli, yang akan kami jabarkan selengkap mungkin, Oleh karena itu mari kita simak ulasan dibawah ini.

Apa itu Sistem Informasi Manajemen (SIM) ?

Secara umum Management Information System (MIS) / Sistem Informasi Manajemen adalah sistem perencanaan yang merupakan bagian dari pengendalian internal sebuah bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, teknologi, dokumen, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk mengatasi masalah bisnis seperti biaya produk, merancang strategi bisnis atau permasalahan layanan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbeda dengan sistem informasi biasa karena Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang sudah diimplementasikan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, pengertian ini umumnya dipakai untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang berkaitan dengan dukungan terhadap pengambilan keputusan, contohnya sistem pakar, sistem pendukung keputusan (SPK), dan sistem informasi eksekutif.

Selain pengetian Sistem Informasi Manajemen secara umum seperti yang telah kami jabarkan diatas, kami juga akan membahas 14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli, Oleh karena itu mari langsung saja kita simak.

14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli

1. Jogiyanto Hartono
Menurut Jogiyanto Hartono (2000:700) pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengolah dan mengumpulkan data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
Sumber : digilib.unila.ac.id/15862/17/BAB%20II.pdf

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli
Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli

2. Leonardo Hasahatan Siregar
Menurut Leonardo Hasahatan Siregar pengertian sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem terstruktur yang digunakan untuk mengelola data secara komputerisasi. Didalam sistem informasi manajemen terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan yaitu pencarian pemuktahiran presentasi data dan penyimpanan data. Dengan demikian sistem informasi manajemen dapat digunakan untuk mempermudah penyusunan informasi manajemen (misal sekolah-sekolah) agar terstruktur dengan baik.
Sumber : digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100007028448/7725

3. Azhar Susanto
Menurut Azhar Susanto pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan/group dari sub sistem / komponen / bagian apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian, pengendalian dan perbaikan berkelanjutan.

4. E.S Margianti & Suryadi H.S
Menurut Margianti dan Suryadi pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama. Informasi yang terdapat pada sistem informasi manajemen biasanya berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.

5. Danu Wira Pangestu
Menurut Danu Wira Pangestu (2007) pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang berwenang dalam mengumpulkan dan mengolah data guna menyediakan informasi yang bermanfaat bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Baca Juga : 12 Fakta Unik Mahasiswa Teknik Informatika

6. Joel.D. Aron
Menurut Joel.D. Aron (dalam buku tulisan E.S Margianti) pengertian sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam membuat keputusan

7. O’brien
Menurut O’brien pengertian sistem informasi manajemen adalah sekumpulan komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai kepentingan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

8. James. A.F. Stoner
Menurut James. A.F. Stoner (dalam buku tulisan Mu’alimah) pengertian sistem informasi manajemen adalah metode formal yang menyediakan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.
Sumber : digilib.uinsby.ac.id/6999/3/bab%202.pdf

9. Gordon B. Davis
Menurut Gordon B. Davis pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang dapat menghasilkan informasi sedemikian rupa guna menunjang jalannya operasi, jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
Sumber : digilib.uinsby.ac.id/6999/3/bab%202.pdf

10. Raymond Coleman
Menurut Raymond Coleman (diterjemahkan oleh Moekijat 1991:40) pengertian sistem informasi manajemen yang efektif adalah seadainya sistem tersebut dapat memberikan data yang cermat, tepat waktu, dan yang penting artinya bagi perencanaan, analisis, dan pengendalian manajemen untuk mengoptimalkan pertumbuhan organisasi.
Sumber : digilib.unila.ac.id/15862/17/BAB%20II.pdf

Baca Juga : 12 Contoh Sistem Informasi Manajemen dan Aplikasi Penerapannya

11. George M. Scott
Menurut George M. Scott (diterjemahkan oleh Budiman 2001:100) pengertian sistem informasi manajemen adalah sekumpulan sub-sistem informasi yang menyeluruh, terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang dapat mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan sifat dan gaya manajer atas dasar kriteria mutu yang telah disepakati.
Sumber : digilib.unila.ac.id/15862/17/BAB%20II.pdf

12. Raymond McLeod Jr (1995)
Menurut Raymond McLeod Jr pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang memiliki kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.

13. Imam Prayogo Pujiono
Menurut Imam Prayogo Pujiono pengertian sistem informasi manajemen adalah sistem yang dapat mengolah serta mengorganisasikan data dan informasi sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk mendukung perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi.

14. the ensiclopedia of management
Menurut the ensiclopedia of management pengertian sistem informasi manajemen adalah pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk menghasilkan bantuan piawai yang memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan.
sumber: digilib.uinsby.ac.id/6999/3/bab%202.pdf

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam sebuah organisasi dan disahkan guna memberikan data / informasi kepada manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan.


Sekian Artikel mengenai 14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Sistem Informasi Manajemen, makalah sistem informasi manajemen perusahaan dan pertanyaan sistem informasi manajemen. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari penulisan maupun penjelasan mohon kritik dan saran yang membangun untuk kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "14 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Ahli"

Post a Comment