10 Kelebihan Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain

Siapa yang tak kenal dengan Google ? Sebagai sebuah search engine, google sangatlah akrab bagi para peselancar dunia maya, bahkan Google sering disebut sebagai The King of Search Engine karena merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu tak heran jika mayoritas orang indonesia yang menggunakan internet dapat dipastikan pernah memakai jasa google sebagai mesin pencari mereka.
10 Kelebihan Mesin Pencari Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain
10 Kelebihan Mesin Pencari Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain

Fakta sebagai The King of Search Engine setidaknya membuat Google memiliki beragam kelebihan menonjol dibandingkan mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, AOL, Ask atau mesin pencari milik china Baidu.

Secara keseluruhan memang menggunakan Google sebagai mesin pencari adalah pilihan bijak bagi para peselancar dunia maya, mengapa ? Tentunya karena mereka memiliki banyak kelebihan dibanding mesin pencari lainnya. untuk lebih jelasnya berikut akan kami ulas 10 Kelebihan Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain.

10 Kelebihan Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain

1. Hasil Sangat Relevan
Jika kita bandingkan dengan mesin pencari lain, Google adalah mesin pencari yang mengeluarkan hasil pencarian yang paling relevan sesuai kebutuhan penggunanya. Hal tersebut karena Google memiliki algoritma yang sangat baik untuk memunculkan web berkualitas tinggi di halaman pencariannya.

2. Support pencarian Berdasarkan Lokasi
Google juga dilengkapi dengan kemampuan yang dapat melakukan pencarian berdasarkan lokasi pengguna. Misalnya di Indonesia, maka akan menjadi google.co.id. dan hasil nya pun lebih relevan karena sesuai dengan kebiasaan pencarian di lokasi tersebut (misal di indonesia).

Google sangat Cepat dalam Melakukan Pencarian
Google sangat Cepat dalam Melakukan Pencarian
3. Cepat dalam Melakukan Pencarian
Google termasuk mesin pencari internet yang sangat cepat dan ringan. Terutama saat melakukan proses pencarian dengan menggunakan kata kunci yang relevan, tidak sampai 0,5 detik google dapat menampilkan jutaan hasil pada pencarian kita, 

4. Perkembangan Algoritma
Salah satu kelebihan Google adalah perkembangan algoritma yang sangat dinamis, bahkan dapat dikatakan perkembangan algoritma Google adalah yang tercepat di bandingkan mesin pencari lainnya. sebut saja Algoritma Google Panda yang mulai diperkenalkan pada Februari 2011, dan terus di update pada bulan-bulan selanjutnya, kemudian disusul Algoritma Penguin yang diluncurkan pada April 2012 dan terus di update sampai versi penguin 4.0 pada Oktober 2016, kemudian pada awal 2017 Google juga meluncurkan Algoritma Fred. Hal ini membuktikan bahwa google berkomitmen untuk memanjakan dan menangkap kebutuhan para penggunanya

5. Dinamis
Google mempunyai algoritma yang sangat dinamis, inilah yang menjadi pembeda antara SEO Google dengan Bing, Yahoo atau mesin pencari lain yang kerap dipermasalahkan oleh sebagian besar blogger. Google sangat tanggap terhadap berbagai pengaduan yang dilakukan oleh pengguna ataupun oleh para web master sehingga algoritma mesin pencari Google terus diperbaharui dan menjadi sangat sempurna di kelasnya.

6. Tampilannya yang simpel dan sederhana
Google menawarkan kita tampilan yang simpel dan sederhana namun tetap menarik dan tanpa terlalu banyak iklan yang terkadang mengganggu. Dengan tampilan yang simpel dan sederhana membuat pencarian yang kita lakukan menjadi mudah karena kita cukup memasukkan kata kunci pencarian selanjutnya kita dapat langsung menemukan apa yang kita minta.

7. Beragam File Terimdeks di Google
Google dapat mengindeks berbagai format file seperti PDF, DOC, PPT dan lain sebagainya. Pengindeksan berbagai format file ini memungkinkan pembuat konten web menyimpan informasinya dalam berbagai format file tanpa khawatir format file yang disimpan tidak muncul di halaman pencarian google. Dari beragamnya format file yang dapat terindeks di google tentu akan semakin melengkapi kebutuhan para penggunanya yang mungkin membutuhkan informasi dalam bentuk format file tertentu.
8. Lebih dari Triliunan Situs Web Terindeks
Keuntungan paling signifikan pada mesin pencari Google adalah banyaknya jumlah situs yang diindeks oleh Google. Pada tahun 1998 saja Google sudah mengindeks 26 juta situs web, kemudian pada tahun 2000 jumlahnya meningkat menjadi 1 miliar situs terindeks di Google dan saat ini Google diyakini memiliki lebih dari satu triliun (1.000.000.000.000.000) situs internet yang terindek di Google. Banyak nya situs yang terindeks di google membuat kita tidak hanya mendapat informasi yang kita cari, namun kita juga dapat menemukan pelengkap / fakta lain dari informasi yang kita cari.

9. Dukungan Teknologi Teranyar
Penguasaan teknologi serta kepemilikan infrastruktur membuat Google dapat merancang strategi yang tepat untuk mesin pencarinya. Google mengaplikasikan teknologi terbaru dengan server yang dapat dikatakan 100% dapat melayani secara cepat dan tanpa down. kemudian banyak nya infrastruktur yang telah dimiliki Google seperti satelit dengan teknologi terbaru membuat kehebatan mesin pencari google sulit ditandingi kompetitornya. Selain itu Google juga menggunakan komponen spatial yang memungkinkan pencarian berbasis alamat IP pengguna (lokasi pengguna) sehingga memberikan hasil yang lebih relevan.

10. Membasmi Spamming
Satu hal yang tak kalah penting di mesin pencari adalah banyaknya web spamming / web yang mempunyai kualitas buruk, biasanya website seperti ini adalah website yang berisi artikel bajakan / curian dari website lain atau website yang hanya berisi kata kunci pencarian (tidak ada konten / artikelnya). Untuk menghadapi web seperti ini, google dengan teliti menindak dengan tegas web yang diketahui melakukan spamming dan menghapusnya dari mesin pencari Google. Bahkan dari waktu ke waktu dapat dikatakan semakin sedikit web spamming yang tampak di halaman pencarian Google


Sekian Artikel mengenai 10 Kelebihan Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang kelebihan Google, kelebihan dan kekurangan Google. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

10 Kelebihan Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

2 Responses to "10 Kelebihan Google Dibandingkan Mesin Pencari Lain"