Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Continue C++

Pada saat kita menggunakan struktur perulangan, seringkali kita dituntut untuk melakukan peloncatan / lompatan statemen. Kata "peloncatan" disini artinya kita memaksa agar eksekusi statemen berjalan sesuai urutan yang kita inginkan, yaitu dengan cara meloncat dari statemen yang satu ke statemen yang lain.

Peloncatan statemen biasa digunakan agar program yang dibuat tidak terjebak pada perulangan (looping) tak terhingga. Atau untuk mengeluarkan proses pengeksekusian dari dalam pernyataan IF, For dan lainnya agar kembali ke pembacaan baris yang diinginkan.

Dalam bahasa C++, terdapat 4 pernyataan yang dapat digunakan untuk melakukan peloncatan, yaitu break, continue, goto dan fungsi exit(). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pernyataan peloncatan menggunakan Kata Kunci Continue / Pernyataan Continue dalam C++ lengkap dengan contoh program beserta penjelasannya, dimana contoh program kami buat menggunakan IDE Dev-C++.

Pengertian Kata Kunci Continue / Pernyataan Continue dalam C++

Berbeda dengan pernyataan break yang berguna untuk menghentikan perulangan, pernyataan continue ini justru berfungsi untuk melanjutkan proses perulangan. Dengan kata lain, Pernyataan Continue akan menyebabkan program meloncat ke statemen awal yang terdapat dalam blok perulangan tanpa menjalankan sisa perintah dibawah pernyataan continue pada blok perulangan tersebut. atau pernyataan continue digunakan untuk mengembalikan proses yang sedang dilaksanakan ke-awal perulangan lagi, tanpa menjalankan sisa perintah pada perulangan tersebut.

Bentuk umum penulisan pernyataan Continue:
continue;

Contoh Program dengan Continue C++

Berikut ini adalah contoh program dimana didalamnya terdapat penggunaan struktur perulangan yang menggunakan pernyataan continue.
Contoh Program dengan Continue C++
Contoh Program dengan Continue C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     // Mendeklarasikan variabel MD
     // Yang nantinya digunakan sebagai
     // nilai awal dalam perulangan FOR
     int MD;

     for(MD=0;MD<10;MD++){
          if(MD==0 || MD==4 || MD==5 || MD==8){
               continue;
          }
          cout<<MD<<" - Materi Dosen dot Com\n";
     }

     cout<<"\nPerulangan berhenti saat MD = "<<MD;

     return 0;
}

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Goto C++

Pada program diatas ketika nilai MD = 0, 4, 5 dan 8, program akan mengeksekusi pernyataan continue sehingga program akan melanjutkan proses perulangan dengan mengeksekusi indeks nilai MD berikutnya. Pada saat seperti ini, program akan mengabaikan statemen-statemen yang ada dibawah (setelah) continue, sehingga progra tidak akan mencetak "0 - Materi Dosen dot Com" , "4 - Materi Dosen dot Com" , "5 - Materi Dosen dot Com" dan "8 - Materi Dosen dot Com" karena pada saat MD = 0, 4, 5 dan 8 program akan mengeksekusi pernyataan continue sehingga statemen-statemen dibawah continue / statemen cout<<MD<<" - Materi Dosen dot Com\n"; diabaikan.


Sekian Artikel mengenai Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Continue C++. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Kata Kunci Continue C++, Pernyataan Continue C++, Statement Continue C++ dan Contoh Program Continue C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Continue C++
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Continue C++"