Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Goto C++

Pada saat kita menggunakan struktur perulangan, seringkali kita dituntut untuk melakukan peloncatan / lompatan statemen. Kata "peloncatan" disini artinya kita memaksa agar eksekusi statemen berjalan sesuai urutan yang kita inginkan, yaitu dengan cara meloncat dari statemen yang satu ke statemen yang lain.

Peloncatan statemen biasa digunakan agar program yang dibuat tidak terjebak pada perulangan (looping) tak terhingga. Atau untuk mengeluarkan proses pengeksekusian dari dalam pernyataan IF, For dan lainnya agar kembali ke pembacaan baris yang diinginkan.

Dalam bahasa C++, terdapat 4 pernyataan yang dapat digunakan untuk melakukan peloncatan, yaitu break, continue, goto dan fungsi exit(). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pernyataan peloncatan menggunakan Kata Kunci Goto / Pernyataan Goto dalam C++ lengkap dengan contoh program beserta penjelasannya, dimana contoh program kami buat menggunakan IDE Dev-C++.

Pengertian Kata Kunci goto / Pernyataan goto dalam C++

Jika ditinjau dari bahasan mengenai struktur perulangan, penggunaan pernyataan goto ini dapat mewakili penggunaan pernyataan break maupun continue, tergantung di mana kita menempatkan label. Label sendiri didalam kode program berfungsi untuk menyatakan lokasi yang akan dituju.

Pernyataan goto juga sering diartikan sebagai sebuah instruksi untuk mengarahkan eksekusi program ke-pernyataan yang diawali dengan suatu label. Perlu juga diperhatikan bahwa untuk menuliskan sebuah label, kita harus menggunakan tanda titik dua (:) dibelakang nama label tersebut. Dalam mendefinisikan nama label juga tidak perlu dilakukan pendeklarasian seperti halnya sebuah variabel karena label hanya digunakan untuk tanda saja sehingga tidak memiliki tipe data.

Bentuk umum penulisan pernyataan Goto:
goto label;

Contoh Program dengan Goto C++

Untuk dapat memahami penggunaan pernyataan goto dalam C++, disini kita akan membuat contoh program yang dapat menuliskan teks "Belajar Bareng Materi Dosen dot Com" sebanyak 10 kali. Namun perlu untuk diperhatikan bahwa disini kita akan memaksa proses perulangan dengan mendefinisikan kondisi yang selalu bernilai benar sampai 50 kali perulangan. Struktur perulangan yang kita pilih untuk menjawab kasus ini adalah struktur for.
Contoh Program dengan Goto C++
Contoh Program dengan Goto C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     // Mendeklarasikan variabel MD
     // Yang nantinya digunkana sebagai
     // nilai awal dalam perulangan FOR
     int MD;

     for(MD=0;MD<50;MD++){
          if(MD==10){
               // Meloncat ke label LabelKu
               goto LabelKu;
          }
          cout<<"Belajar Bareng Materi Dosen dot Com\n";
     }

     // Lokasi loncatan yang akan dituju
     LabelKu:
 
     cout<<"\nPerulangan berhenti saat MD = "<<MD;

     return 0;
}

Apabila kita amati secara teliti, penggunaan pernyataan goto pada kasus ini sama halnya seperti penggunaan pernyataan break pada materi sebelumnya.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Break C++

Karena kita ingin melakukan perulangan sebanyak 10 kali maka kita bisa menggunakan kata kuci goto (sebagai alternatif selain menggunakan break) pada saat variabel MD bernilai 9. Kenapa 9 ? Jawabannya adalah karena nilai awal yang kita definisikan untuk variabel MD adalah 0. Setelah pernyataan goto dieksekusi, maka jalannya program akan meloncat langsung ke label yang dituju (LabelKu) tanpa mengeksekusi lagi statemen yang terdapat di dalam blok perulangan / tanpa mengeksekusi statemen cout<<"Belajar Bareng Materi Dosen dot Com\n";

Kata kuci goto tidak hanya dapat digunakan dalam struktur perulangan saja, melainkan dapat digunakan di mana saja. Berikut ini contoh lain dari penggunaan kata kunci goto.
Contoh Program dengan Goto C++
Contoh Program dengan Goto C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
     cout<<"Program Contoh goto Sederhana\n\n";
     goto akhir;
     //teks ini tidak pernah tampil di layar
     cout<<"Saya ngak pernah tampil dilayar..."<<endl<<endl;

     tengah:     cout<<"Sampai ke tengah\n";
     cout<<"Setelah ini kita lompat ke selesai\n";
     goto selesai;
     akhir:     cout<<"Teks ini sebenarnya diakhir program tapi muncul duluan\n";
     cout<<"Mari Lompat ke tengah\n\n";
     goto tengah;
     selesai:     cout<<"\nSelesai\n";

     return 0;
}

Saat program diatas di eksekusi, statemen cout<<"Saya ngak pernah tampil dilayar..."<<endl<<endl;  Tidak pernah ter eksekusi, hal ini disebabkan karena penggunaan kata kunci goto yang memaksa program untuk meloncat ke label yang dituju dapat mengakibatkan sebuah statemen tidak ter eksekusi.


Sekian Artikel mengenai Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Goto C++. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Kata Kunci Goto C++, Pernyataan Goto C++, Statement Goto C++ dan Contoh Program Goto C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Goto C++
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Goto C++"