Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++, C++ sendiri merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 1980, ketika Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk memperoleh gelar Ph.D. Dalam bahasa C++ sendiri setidaknya memiliki 8 fitur utama yang terkandung didalamnya sehingga bahasa ini semakin handal jika dibanding bahasa C sebagai bahasa pendahulunya. baiklah langsung saja akan kita bahas materi Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++.

Pengertian C++

Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang merupakan pengembangan dari bahasa C yang disempurnakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980 menjadi C dengan kelas (C With Classes) dan berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. awalnya C++ disebut "a better C" kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.
Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++
Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++

Bahasa C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Pragramming / OOP) yang tidak dimiliki C.  Sebenarnya reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan program .EXE berukuran kecil, eksekusi yang cepat, fleksibilitas pemrograman dan antarmuka (interfacing) yang sederhana. namun C++ merupakan Superset dari C, dimana C++ bisa menjalankan sebagian besar (File Header / library) dari C, sedangkan C tidak bisa menjalankan / memanggil code (File Header / library) dari C++, Selain itu dengan adanya standarisasi ANSI pada C++, membuat bahasa C++ akan memiliki "bahasa" yang sama pada setiap compiler.

Pengenalan Fitur-fitur yang terdapat di C++

1. Portabel
Sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan sebagai bahasa open, C++ mempunyai berbagai compiler yang berjalan di berbagai platform yang mendukungnya. Kode yang secara eksklusif menggunakan library standar C++ dapat berjalan pada banyak platform dengan sedikit atau tanpa adanya perubahan.

2. Memiliki dukungan perpustakaan yang lengkap
Sebuah pencarian untuk "perpustakaan" di website proyek-manajemen yang terkenal seperti SourceForge akan menghasilkan lebih dari 3000 hasil untuk perpustakaan (library) C++. Sehingga dapat dikatakan C++ Memiliki dukungan perpustakaan (library) yang lengkap

3. Bahasa ISO-standar terbuka
Untuk sementara waktu, C++ tidak memiliki standar resmi dan dikelola oleh standar de-facto, namun sejak tahun 1998, C++ distandarisasi oleh sebuah komite dari ISO. Dimana saat itu diterbitkan standar internasional pertama untuk C++ ISO / IEC 14882:1998, Yang secara informal dikenal sebagai C++98.


4. Mendukung Manifest dan disimpulkan dalam pengetikan
Sampai dengan C++ standar terbaru, C++ mendukung manifest dan disimpulkan dalam pengetikan, sehingga memungkinkan fleksibilitas mempersingkat dalam pengetikan code yang diinginkan.

5. Lebih kompatibel dengan C
Bahasa C++, menjadi bahasa yang secara langsung membangun "off C", kompatibel dengan hampir semua kode C. C++ dapat menggunakan library C dengan sedikit atau tidak ada modifikasi dari kode librarynya.

6. Menawarkan banyak pilihan paradigma
Bahasa C++ menawarkan dukungan luar biasa untuk prosedural, generik, dan paradigma pemrograman berorientasi objek, Bagi kebanyakan programmer dengan menggunakan paradigma berorientasi objek maka pembuatan aplikasi lebih mudah dimaintain.


7. Bahasa yang dikompilasi
Bahasa C++ mengkompilasi langsung ke kode asli mesin, yang memungkinkan untuk menjadi salah satu bahasa tercepat di dunia jika dioptimalkan.

8. Mendukung pemeriksaan jenis statis maupun dinamis.
Bahasa C++ memungkinkan konversi tipe diperiksa baik pada saat kompilasi atau run-time, juga menawarkan tingkat fleksibilitas yang lain. Meski begitu, kebanyakan pemeriksaan tipe pada C++ adalah pemeriksaan statis.


Sekian Artikel mengenai Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Pengertian C++, Pengertian Bahasa C++, Fitur Fitur C++. Dan jika sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Penjelasan Fitur-Fitur Yang Dimiliki C++"