Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Array Multidimensi Dimensi C++, Lengkap Contoh Program dan Penjelasan

Array [larik] merupakan hal fundamental yang sering dijumpai dalam banyak kasus di dunia pemrograman. Maka dari itu, sebagai programmer sobat perlu membekali diri dengan pemahaman konsep array dan mampu mengimplementasikannya ke dalam kasus-kasus yang sobat hadapi. Setelah sebelumnya kita membahas Array Satu dan Dua Dimensi, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Array Multidimensi dalam C++, Lengkap Contoh Program dan Penjelasan, dimana contoh program kami buat menggunakan IDE Dev-C++.

Apa itu Array?

Array merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama atau Array juga dapat disebut sebagai kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang memakai sebuah nama yang sama. Setiap data tersebut menempati alamat memori atau lokasi yang berbeda-beda dan selanjutnya disebut dengan elemen array. Elemen array sendiri dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamnya. Namun, penting sekali untuk di ingat bahwa dalam C++ indeks array selalu dimulai dari 0, buka 1.

Apa itu Array Multidimensi?

Array Multidimensi merupakan array yang serupa dengan array satu dimensi maupun array dua dimensi, namun array multidimensi dapat memiliki memori yang lebih besar. Biasanya array multidimensi digunakan untuk menyebut array dengan dimensi lebih dari dua atau array yang mempunyai lebih dari dua subskrip, seperti untuk menyebut array tiga dimensi, empat dimensi, lima dimensi dan seterusnya.

Berikut gambar yang dapat mengilustrasikan sebuah array multidimensi, dimana pada gambar dibawah ini kami menggunakan array tiga dimensi sebagai contoh dari array multidimensi.
Ilustrasi array tiga dimensi dengan 24 elemen
Ilustrasi array tiga dimensi dengan 24 elemen
* Pada ilustrasi array tiga dimensi diatas, array tersebut memiliki besar subskrip pertama / besar ukuran pertama sebanyak 2, besar ukuran kedua sebanya 3 dan besar ukuran ketiga sebanyak 4.

Bentuk / Cara Pendeklarasian Array Multidimensi

Karena secara umum array multidimensi merujuk pada array yang mempunyai ukuran lebih dari dua subskrip. maka bentuk pendeklarasian array multidimensi sama saja dengan pendeklarasi array satu dimensi maupun dua dimensi. Berikut contohnya:
tipe_data  nama_array [ukuran 1][ukuran 2] ... [ukuran N];

Sebagai contoh misal kita ingin mendeklarasikan array multidimensi dengan jumlah tiga subskrip (atau bisa juga disebut array tiga dimensi), array tiga dimensi tersebut kita beri nama LARIK, yang memiliki ukuran 1 sebanyak 2, ukuran 2 sebanyak 3, ukuran 3 sebanyak 4 dan array LARIK memiliki tipe data int, maka bentuk deklarasi array nya adalah sebagai berikut:
int LARIK [2][3][4];

Seandainya array LARIK akan kita beri nilai saat pendeklarasian (inisialisasi), maka contoh penulisannya dapat ditulis sebagai berikut:
Int LARIK [2][3][4] = {{{1,2,3,4},{5,6,7,8},{9,10,11,12}} , {{13,14,15,16},{17,18,19,20},{21,22,23,24}}};

Dari pendeklarasian sekaligus inisialisasi array LARIK diatas, dapat diartikan bahwa kita telah memesan tempat pada memori komputer sebanyak 24 tempat, dengan indeks dari LARIK[0][0][0] sampai LARIK[1][2][3], dimana nilai - nilai akan dimasukkan ke elemen array secara berturut - turut, mulai dari LARIK[0][0][0] akan di isi dengan nilai '1' sampai LARIK[1][2][3] yang di isi dengan nilai '24'. untuk lebih jelasnya berikut kami sajikan ilustrasi dari array LARIK.
Ilustrasi Array 'LARIK' yang merupakan contoh Array Tiga Dimensi
Ilustrasi Array 'LARIK' yang merupakan contoh Array Tiga Dimensi

Cara Akses Array Multidimensi

Cara yang digunakan untuk mengakses elemen array multidimensi (dimisalkan array 3 dimensi) adalah dengan menuliskan indeks ukuran pertama / subskrip pertama, indeks ukuran kedua dan indeks ukuran ketiga. Misalnya pada array LARIK diatas kita ingin mengakses nilai '8' yang terdapat pada indeks ukuran pertama ke 0, indeks ukuran kedua ke 1 dan indeks ukuran ketiga ke 3, kemudian menampung nilai tersebut kedalam suatu variabel yang bertipe int (misal int tampung), maka kita perlu menuliskan kode programnya seperti berikut ini:
tampung = LARIK[0][1][3];

* Perlu sobat ingat meskipun array LARIK memiliki jumlah ukuran pertama sebanyak 2. jumlah ukran kedua sebanyak 3 dan jumlah ukuran ketiga sebanyak 4 atau di deklarasikan sebagai berikut : "LARIK [2][3][4];". namun karena indeks array selalu dimulai dari 0 maka untuk mengakses elemen terakhir dari array LARIK, kita dapat mengaksesnya dengan menuliskan LARIK[1][2][3] bukan LARIK[2][3][4].

Baca Juga : Konsep Array dalam C++, Lengkap Contoh Program dan Penjelasan

Contoh Program Dengan Array Multidimensi Dalam C++

Pada contoh program dengan array multidimensi dibawah ini, kami menggunakan array tiga dimensi sebagai contoh array multidimensi, karena pada praktiknya penggunaan array multidimensi dengan dimensi lebih dari tiga sangat jarang dilakukan, Sehingga kami memilih array tiga dimensi (berdimensi tiga) untuk mencontohkan penggunaan array multidimensi. Berikut contoh program array tiga dimensi dalam C++:
Contoh program array 3 dimensi C++
Contoh program array 3 dimensi C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){

     // Deklarasi array tiga dimensi dengan nama "angka"
     // Dengan jumlah ukuran pertama / subskrip pertama = 2
     // Jumlah Ukuran kedua = 3 & jumlah ukuran ketiga = 4
     int angka [2][3][4];

     // Mendeklarasi variabel untuk indeks perulangan
     int i,j,k;

     cout<<"\t===============================";
     cout<<"\n\t== Contoh Array Tiga Dimensi ==\n";
     cout<<"\t===============================\n\n";

     // Mengisi nilai kedalam elemen-elemen array angka
     cout<<"== Masukkan elemen-elemen array angka ==\n";
     for(i=0;i<2;i++){
          for(j=0;j<3;j++){
               for(k=0;k<4;k++){
                    cout<<"angka indeks ke ["<<i<<"]["<<j<<"]["<<k<<"]"<<" = ";
                    cin>>angka[i][j][k];
               }
          }
     }

     cout<<"\n\n===============================\n";
     cout<<"== Tampil nilai elemen Array ==\n";
     cout<<"===============================\n";

     //menampilkan nilai dari setiap elemen array angka
     for(i=0;i<2;i++){
        for(j=0;j<3;j++){
           for(k=0;k<4;k++){
              cout<<"angka indeks ke ["<<i<<"]["<<j<<"]["<<k<<"]"<<" = "<<angka[i][j][k]<<endl;
           }
        }
     }

     return 0;
}


Sekian Artikel mengenai Array Multidimensi Dimensi C++, Lengkap Contoh Program dan Penjelasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Array Multidimensi C++, Contoh array 3 dimensi c++ sederhana, inisialisasi array tiga dimensi dan Contoh Program Dengan Array Multidimensi C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Array Multidimensi Dimensi C++, Lengkap Contoh Program dan Penjelasan
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Array Multidimensi Dimensi C++, Lengkap Contoh Program dan Penjelasan"