Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan

Di era globalisasi saat ini, kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (selanjutnya disebut IPTEK) telah membawa berbagai perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dengan adanya IPTEK, proses belajar mengajar menjadi lebih inovatif dan menarik. Namun, selain berbagai manfaat yang dihasilkannya, kemajuan IPTEK juga membawa beberapa pengaruh negatif di bidang pendidikan yang perlu kita waspadai. Artikel ini akan membahas 5 pengaruh negatif dari kemajuan IPTEK di bidang pendidikan.

1. Kesenjangan Digital

Kesenjangan digital adalah perbedaan dalam akses dan kemampuan penggunaan teknologi antara berbagai kelompok sosial. Meskipun banyak sekolah telah mengadopsi penggunaan teknologi, masih ada banyak institusi, terutama di daerah pedesaan dan negara berkembang, yang tidak memiliki akses yang memadai ke internet atau perangkat teknologi. Hal ini menciptakan kesenjangan pendidikan yang besar antara siswa yang memiliki akses ke teknologi dan mereka yang tidak.

2. Ketergantungan Teknologi

Ketergantungan teknologi menjadi masalah yang serius di kalangan siswa. Banyak siswa yang lebih memilih berkomunikasi melalui media digital daripada berbicara langsung. Hal ini dapat menghambat pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi yang sangat penting untuk keberhasilan mereka di masa depan.
5 Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan
5 Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan

3. Kejahatan Siber

Dengan peningkatan penggunaan internet dan perangkat digital dalam pengajaran dan pembelajaran, risiko terjadinya kejahatan siber, seperti peretasan, penipuan, dan perundungan online, juga meningkat. Hal ini dapat mengancam privasi dan keamanan data siswa dan institusi pendidikan.

4. Penyimpangan Perhatian

Penggunaan perangkat teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran dapat menyebabkan penyimpangan perhatian bagi siswa. Misalnya, penggunaan ponsel atau tablet selama pelajaran dapat mengalihkan perhatian siswa dari materi pelajaran dan mengganggu proses pembelajaran.


5. Penyimpangan Informasi

Kemudahan akses informasi melalui internet tentunya sangat membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Namun, di sisi lain, internet juga penuh dengan informasi yang tidak benar atau menyesatkan. Siswa mungkin merasa sulit untuk membedakan antara informasi yang kredibel dan tidak kredibel.


Meskipun kemajuan IPTEK telah membawa banyak manfaat dalam bidang pendidikan, ada juga dampak negatif yang perlu diwaspadai dan diatasi. Kesenjangan digital, ketergantungan teknologi, kejahatan siber, penyimpangan perhatian, dan penyimpangan informasi adalah beberapa pengaruh negatif yang perlu diperhatikan.

Penting bagi guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung penggunaan teknologi yang sehat dan produktif. Hal ini meliputi pengenalan kebijakan penggunaan teknologi yang ketat, pelatihan untuk guru dan siswa tentang penggunaan teknologi yang etis dan efektif, dan pendidikan tentang bahaya ketergantungan teknologi, penyimpangan informasi, dan kejahatan siber.

Sekian Artikel mengenai Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan, Terimakasih atas kunjungannya.

5 Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "5 Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan"