4 Macam Statemen Peloncatan / Lompatan C++, Lengkap Contoh Program

Sebelumnya kita telah membahas mengenai Macam Statemen / Macam Pernyataan, bahwa terdapat dua jenis statemen / pernyataan yaitu statemen tunggal dan statemen majemuk. Kemudian statemen juga mempunyai banyak macam seperti statemen penyeleksian, pengulangan dan peloncatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai statemen peloncatan atau juga dikenal sebagai jump statemen.

Pengertian Statemen Peloncatan (Jump Statement)

Pada saat kita menggunakan struktur perulangan, seringkali kita dituntut untuk melakukan peloncatan / lompatan statemen (jump statement). Kata "peloncatan" disini artinya kita memaksa agar eksekusi statemen berjalan sesuai urutan yang kita inginkan, yaitu dengan cara meloncat dari statemen yang satu ke statemen yang lain.

Sehingga dapat diartikan Statemen peloncatan / Pernyataan peloncatan adalah salah satu cara kita mengendalikan proses pengeksekusian statemen agar bisa kembali ke dalam jalur pembacaan baris yang di inginkan. Statemen Peloncatan biasa digunakan agar program yang dibuat tidak terjebak pada perulangan (looping) tak terhingga. Atau untuk mengeluarkan proses pengeksekusian dari dalam pernyataan IF, For dan lainnya agar kembali ke pembacaan baris yang diinginkan.

Bukan hanya itu saja. Kita juga bisa mengendalikan pembacaan pengeksekusian statemen agar meloncati beberapa baris. Atau kita bisa mengembalikan pengeksekusian statemen ke atas atau kemanapun di baris yg kita inginkan.

Dalam bahasa C++, terdapat 4 pernyataan / statemen yang dapat digunakan untuk melakukan peloncatan, yaitu break, continue, goto dan fungsi exit(). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 4 pernyataan peloncatan tersebut lengkap dengan contoh program beserta penjelasannya, dimana contoh program kami buat menggunakan IDE Dev-C++.

4 Macam Statemen / Pernyataan Peloncatan C++

1. Pernyataan Break

Pernyataan Break berfungsi untuk menghentikan proses perulangan (for, while dan do-while), sehingga program akan langsung meloncat ke statemen yang berada dibawah blok perulangan yang bersangkutan / sesudah akhir dari blok perulangan. Pernyataan break biasanya digunakan untuk menghindari proses perulangan yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi.

Pernyataan break sebelumnya juga telah dibahas pada Percabangan menggunakan statemen switch. Dalam percabangan menggunakan switch, pernyataan break digunakan untuk keluar dari struktur switch.

Bentuk umum penulisan pernyataan Break:
break;

Contoh Program dengan Pernyataan Break C++
Contoh Program dengan Break C++
Contoh Program dengan Break C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     // Mendeklarasikan variabel MD
     // Yang nantinya digunkana sebagai
     // nilai awal dalam perulangan FOR
     int MD;

     for(MD=0;MD<50;MD++){
          if(MD==10){
               break;
          }
          cout<<"Belajar Bareng Materi Dosen dot Com\n";
     }

     cout<<"\nPerulangan berhenti saat MD = "<<MD;

     return 0;
}

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai Pernyataan Break beserta contoh program dan penjelasannya dapat sobat baca pada artikel berikut ini : Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Break C++

2. Pernyataan Continue

Berbeda dengan pernyataan break yang berguna untuk menghentikan perulangan, pernyataan continue ini justru berfungsi untuk melanjutkan proses perulangan. Dengan kata lain, Pernyataan Continue akan menyebabkan program meloncat ke statemen awal yang terdapat dalam blok perulangan tanpa menjalankan sisa perintah dibawah pernyataan continue pada blok perulangan tersebut. atau pernyataan continue digunakan untuk mengembalikan proses yang sedang dilaksanakan ke-awal perulangan lagi, tanpa menjalankan sisa perintah pada perulangan tersebut.

Bentuk umum penulisan pernyataan Continue:
continue;

Contoh Program dengan Pernyataan Continue C++
Contoh Program dengan Continue C++
Contoh Program dengan Continue C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     // Mendeklarasikan variabel MD
     // Yang nantinya digunakan sebagai
     // nilai awal dalam perulangan FOR
     int MD;

     for(MD=0;MD<10;MD++){
          if(MD==0 || MD==4 || MD==5 || MD==8){
               continue;
          }
          cout<<MD<<" - Materi Dosen dot Com\n";
     }

     cout<<"\nPerulangan berhenti saat MD = "<<MD;

     return 0;
}

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai Pernyataan Continue beserta contoh program dan penjelasannya dapat sobat baca pada artikel berikut ini : Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Continue C++

3. Pernyataan Goto

Jika ditinjau dari bahasan mengenai struktur perulangan, penggunaan pernyataan goto ini dapat mewakili penggunaan pernyataan break maupun continue, tergantung di mana kita menempatkan label. Label sendiri didalam kode program berfungsi untuk menyatakan lokasi yang akan dituju.

Pernyataan goto juga sering diartikan sebagai sebuah instruksi untuk mengarahkan eksekusi program ke-pernyataan yang diawali dengan suatu label. Perlu juga diperhatikan bahwa untuk menuliskan sebuah label, kita harus menggunakan tanda titik dua (:) dibelakang nama label tersebut. Dalam mendefinisikan nama label juga tidak perlu dilakukan pendeklarasian seperti halnya sebuah variabel karena label hanya digunakan untuk tanda saja sehingga tidak memiliki tipe data.

Bentuk umum penulisan pernyataan Goto:
goto label;

Contoh Program dengan Pernyataan Goto C++
Contoh Program dengan Goto C++
Contoh Program dengan Goto C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     // Mendeklarasikan variabel MD
     // Yang nantinya digunkana sebagai
     // nilai awal dalam perulangan FOR
     int MD;

     for(MD=0;MD<50;MD++){
          if(MD==10){
               // Meloncat ke label LabelKu
               goto LabelKu;
          }
          cout<<"Belajar Bareng Materi Dosen dot Com\n";
     }

     // Lokasi loncatan yang akan dituju
     LabelKu:

     cout<<"\nPerulangan berhenti saat MD = "<<MD;

     return 0;
}

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai Pernyataan Goto beserta contoh program dan penjelasannya dapat sobat baca pada artikel berikut ini : Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Goto C++

4. Fungsi Exit()

Berbeda dengan statemen-statemen peloncatan yang lain, fungsi exit() ini berguna untuk proses terminasi atau keluar dari program. Fungsi exit biasa digunakan untuk menghentikan eksekusi program ketika dalam sebuah proses eksekusi dideteksi adanya keadaan yang tidak diharapkan.

Bentuk umum penulisan fungsi exit:
exit();
Untuk menggunakan fungsi exit(), pada bebera IDE kadang kita perlu menambahkan file header <cstdlib> di program yang dibuat.

Contoh Program dengan Fungsi exit() C++
Contoh Program dengan Fungsi exit() C++ - input 18
Contoh Program dengan Fungsi exit() C++ - input 18
Contoh Program dengan Fungsi exit() C++ - input 38
Contoh Program dengan Fungsi exit() C++ - input 38
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
     int bil;

     cout<<"\t== Tampil Bilangan Positif Menurun ==\n";
     cout<<"\n*Maksimum bilangan tertinggi adalah : 20";
     cout<<"\nMasukkan bilangan tertinggi yang akan ditampilakan : ";
     cin>>bil;

     for(int i=bil; i>=0; --i)
     {
          if(bil>20){
               cout<<"\n== Program dihentikan disini ==\n";
               // Parameter 0 berguna sebagai tanda
               // Program berjalan secara normal
               exit(0);
          }

     cout<<"\nBilangan "<<i;
     }

     cout<<"\n\n=== Program Selesai ===";

     return 0;
}

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai Fungsi Exit() beserta contoh program dan penjelasannya dapat sobat baca pada artikel berikut ini : Pengertian dan Contoh Program, Fungsi Exit() C++


Untuk mendapatkan materi yang lebih lengkap mengenai pernyataan Break, Continue, Goto dan Fungsi Exit(), sebaiknya sobat mengunjungi tiap artikel yang kami sarankan, Sekian Artikel mengenai 4 Macam Statemen Peloncatan / Lompatan C++, Lengkap Contoh Program. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Macam Statemen Peloncatan, Pengertian Statemen Peloncatan, Contoh Program Statemen Peloncatan, Macam Pernyataan Peloncatan, Pengertian Pernyataan Peloncatan dan Contoh Program Pernyataan Peloncatan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

4 Macam Statemen Peloncatan / Lompatan C++, Lengkap Contoh Program
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "4 Macam Statemen Peloncatan / Lompatan C++, Lengkap Contoh Program"

Post a Comment