9 Pengertian Software Menurut Para Ahli

Sobat sering menggunakan komputer ? Apabila sering, maka pasti sobat tidak asing dengan istilah software bukan ? Namun apakah sobat sudah tahu apa yang dimaksud dengan software ? tenang apabila sobat belum tahu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dari software / perangkat lunak.

Apa itu software ? apa yang dimaksud dengan software ?

Software sendiri apabila kita terjemahkan langsung ke dalam bahasa Indonesia maka dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Perangkat lunak berarti sebuah perangkat yang tidak berbentuk secara fisik, namun dapat dioperasikan oleh user atau penggunannya.

Secara singkat software / perangkat lunak dapat diartikan sebagai program / aplikasi di komputer atau handphone, Namun secara umum software dapat didefinisikan sebagai berikut, software adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, software adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Karena disebut sebagai perangkat lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware adalah perangkat yang nyata dalam artian dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak nampak secara fisik / berwujud benda, namun software dapat dioperasikan dan dirasakan manfaatnya.

Pengertian-Pengertian Software Menurut Para Ahli
Pengertian-Pengertian Software Menurut Para Ahli

9 Pengertian Software Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai pengertian dari software, berikut ini adalah beberapa pengertian software menurut para ahli dimana para ahli ini juga merangkap sebagai praktisi dan peneliti di dalam bidang rekayasa perangkat lunak:

1. Roger S. Pressman (2002:10)
Pengertian software menurut Roger S. Pressman (2002), Pressman mengatakan bahwa yang dimaksud dengan perangkat lunak atau software adalah sebuah perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh usernya. Pernyataan ini menggambarkan bahwa software atau perangkat lunak ini berfungsi untuk memberi perintah komputer, agar komputer dapat berfungsi secara optimal, sesuai dengan kemauan user yang memberikan perintah.

2. Melwin Syafrizal Daulay (2007:22)
Dalam buku nya dengan judul "Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer" melwin menjabarkan pengertian software sebagai berikut, menurut melwin sofware adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer. Kemudian dijelaskan pula bahwa software merupakan perangkat yang menjembatani interaksi user dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin.

3. Wahana Komputer
Wahana Komputer merupakan sebuah kelompok / perusahaan yang bergerak dibidang komputer dan sering menerbitkan artikel dibidang perangkat lunak. menurut wahana komputer yang dimaksud dengan software adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan control dan juga manajemen hardware, di dalam komputer software meliputi sistem operasi dan aplikasi.

Dari penjelasan software menurut wahana komputer, dapat kita jabarkan bahwa dengan menggunakan software, user dapat melakukan proses manajemen hardware serta mengoperasikan hardware yang tersedia.

4. ITL Education Solutions Ltd.
ITL Education Solutions Limited merupakan sebuah perusahaan berskala internasional yang bergerak dibidang pendidikan dan sering mengeluarkan buku berkaitan dengan perangkat lunak. menurut ITL Education Solutions Limited dalam buku nya yang berjudul "introduction to computer science" software / perangkat lunak adalah istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir. Dalam hal ini, software bertanggung jawab dalam mengelola, mengendalikan dan mengintegrasikan komponen hardware dari sebuah sistem komputer untuk menyelesaikan tugas / perintah tertentu.
5. Wilman & Riyan
Tokoh lainnya yang mendefinisikan mengenai pengertian software adalah Wilman dan Riyan. Mereka mendefinisikan software sebagai sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware.

Kemudian Wilman dan Riyan mengatakan bahwa software memiliki sifat maya, yang dapat diartikan bahwa software tidak dapat terlihat secara fisik, akan tetapi fungsi dari software dapat dirasakan manfaatnya oleh usernya.

6. Fauziah
Ahli lainnya yang mendefinisikan software adalah Fauziya, menurut Fauziyah software adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menginput data, menyimpan data, mengecek data, memanipulasi data dan memperoleh hasil dari data tersebut. yang dilakukan dengan menggunakan perangkat hardware.

7. Wiwit Siswoutomo
Ahli lainnya yang mendefinisikan software adalah Wiwit Siswoutomo, Wiwit berpendapat bahwa yang dimaksud dengan software / perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari komputer atau hardware. Karena tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

Baca Juga : 12 Fakta Unik Mahasiswa Teknik Informatika

8. Imam Prayogo Pujiono
Ahli lainnya yang mendefinisikan software adalah Imam Prayogo Pujiono, M.kom yang merupakan praktisi dan dosen di dalam bidang rekayasa perangkat lunak. Imam berpendapat bahwa software adalah sebuah program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang seandainya dijalankan akan memberikan perintah ke komputer / hardware / software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

9. Juntak Teamwork
Organisasi terakhir yang mendefinisikan software adalah Juntak Teamwork. Menurut Juntak Teamwork software adalah sebuah konstruksi atau bangunan dari sebuah program yang disusun sedemikian rupa, serta diatur untuk sebuah sistem kerja yang dijalankannya.


Sekian Artikel mengenai 9 Pengertian Software Menurut Para Ahli, seandainya sobat mencari pengertian software untuk menyempurnakan skripsi / tugas akhir, kami menyarankan menggunakan pengertian software menurut Roger S. Pressman, karena buku / gagasan dari Roger S. Pressman biasa dijadikan rujukan internasional dalam hal rekayasa perangkat lunak. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang pengertian software, apa itu software, apa yang dimaksud software dan arti software. Seandainya sobat menemukan kesalahan penulisan mohon kritik dan saran yang membangun untuk kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

9 Pengertian Software Menurut Para Ahli
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "9 Pengertian Software Menurut Para Ahli"

Post a Comment