Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++

Dalam proses pengembangan sebuah program, tentunya kita akan disibukkan dengan penulisan kode-kode yang begitu banyak dan 'tampak' rumit sehingga akan sulit untuk dipahami oleh orang lain. Untuk menangani masalah ini, sebagai programmer kita sebaiknya menambahkan komentar untuk menjelaskan algoritma dan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam program sehingga program menjadi lebih mudah dipahami oleh yang melihatnya. Hal ini juga akan membantu dalam proses pemeliharaan (maintenance) dari program yang telah kita buat.

Selain kebutuhan diatas komentar juga banyak digunakan untuk menuliskan informasi tentang kode program, misalnya nama nama pembuat kode program, kapan kode tersebut dibuat / dimodifikasi, lisensi dari program tersebut, maupun deskripsi lain yang diperlukan.

Pengertian Komentar C++ 

Dalam C++ dan semua bahasa pemrograman lainnya (yang menyediakan fitur Comment) Komentar adalah bagian dari kode program yang tidak ikut dibaca / diterjemahkan pada saat proses kompilasi. dengan kata lain, komentar tidak akan mempengaruhi jalannya program, karena hanya berguna untuk mempermudahkan kita dalam mengingat dan menjelaskan kode / deskripsi program.
Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++
Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++

C++ menyediakan dua macam fitur comment yaitu single-line (satu baris) dan multi-line (beberapa baris). kedua cara tersebut bisa kita gunakan dan tidak akan mempengaruhi fungsi coding kita, atau dengan kata lain compiler akan mengabaikan bentuk koment yang anda buat.

Macam-macam dan Bentuk Penulisan Komentar C++

Komentar menggunakan tanda // atau single-line

Tanda ini digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya hanya satu baris. Apabila kita menggunakan tanda "//" untuk menuliskan komentar yang lebih dari satu baris, maka hanya teks setelah tanda "//" yang akan menjadi komentar namun teks yang terdapat pada baris selanjutnya (baris bawahnya) tetap dibaca oleh compiler sebagai sebuah bagian dari program sehingga menyebabkan terjadi kesalahan (error) pada saat proses kompilasi program. berikut adalah contoh penggunaanya.
// Ini adalah komentar untuk satu baris

Akan error apabila komentar diatas ditulis seperti berikut ini:
// Ini adalah komentar
    untuk satu baris

Penulisan seperti diatas akan menyebabkan kesalahan karena teks "untuk satu baris" tidak akan dianggap sebagai komentar, melainkan dianggap sebagai tiga buah variabel yang tidak dikenal.
Selain itu, kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan tanda ini. Ingat tanda ini tidak dapat digunakan untuk komentar yang bersifat sisipan. Sebagai contoh perhatikan kembali kode berikut:
int // Mendeklarasika variabel berupa bilangan X;

Penulisan komentar seperti diatas juga akan menyebabkan kesalahan karena X; akan dianggap sebagai komentar dan tidak berperan sebagai variabel. Dengan demikian, seharusnya kita menuliskan komentar tersebut seperti berikut:
int X; // Mendeklarasika variabel berupa bilangan

Contoh komentar menggunakan tanda //

#include <iostream>

using namespace std;

int main ()
{
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     // Dibuat oleh : www.MateriDosen.Com

     cout<<"Hello World";

     return 0;
}

Komentar menggunakan tanda /* ... */ atau multi-line

Berbeda dengan tanda //, tanda ini (/*  ...  */) dapat digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya satu baris atau lebih. Komentar dimulai dari tanda /* sampai ditemukan tanda */

Contoh penggunaanya adalah sebagai berikut:
/* ini adalah komentar yang banyaknya satu baris */
/* ini adalah komentar yang banyaknya
    lebih dari
    satu baris */

Dengan menggunakan tanda /* ...  */ kita juga dapat menuliskan komentar yang bersifat sisipan, seperti yang terlihat pada kode berikut:
int /* Mendeklarasika variabel berupa bilangan */ X;

Namun perlu diperhatikan bahwa kita tidak dapat membuat komentar yang bersarang (nested comment), misalnya:
/* ini adalah /* contoh komentar */ beruntun */

Apabila kita amati contoh penulisan komentar diatas, secara sepintas seperti benar. Namun, apabila ditinjau dari sisi program, hal ini jelas salah. Alasannya adalah karena tanda */ yang ditemukan pertama kali akan dianggap sebagai penutup tanda /* pertama. Dengan alasan ini, maka untuk kasus diatas yang dianggap sebagai komentar adalah teks "ini adalah /* contoh kometar", sedangkan teks yang terdapat setelah tanda */ pertama, yaitu teks "beruntun */" akan dianggap sebagai bagian program dan akan dibaca pada saat proses kompilasi. Hal ini tentu akan menyebabkan kesalahan, sehingga anda harus berhati-hati dalam menggunakan komentar sisipan.

Contoh komentar menggunakan tanda /* ... */

#include <iostream>

using namespace std;

int main ()
{
     /* Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     Dibuat oleh : www.MateriDosen.Com */

     cout<<"Hello World";

     return 0;
}

Fungsi komentar dalam C++

Salah satu fungsi komentar dalam bahasa pemrograman pada umumnya dan bahasa C++ pada khususnya adalah sebagai berikut:
  • Menjelaskan algoritma dan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam program sehingga program menjadi lebih mudah dipahami oleh yang melihatnya
  • Membantu dalam proses pemeliharaan (maintenance) dari program yang telah kita buat, sehingga proses maintenance menjadi lebih cepat karena dengan adanya komentar kita dapat lebih cepat mengetahui fungsi dari sebuah program.
  • Menuliskan informasi tentang kode program, misalnya nama nama pembuat kode program, kapan kode tersebut dibuat / dimodifikasi, lisensi dari program tersebut, maupun deskripsi lain yang diperlukan.
  • Mempermudahkan kita dalam mengingat kembali dan menjelaskan kode / deskripsi program pada program yang di buat
  • Mempermudahkan programmer lain dalam memahami program yang kita buat.


Materi diatas adalah contoh penggunaan fitur komentar di C++. meskipun kita menulis sebanyak mungkin "komentar" untuk memperjelas program yang kita buat, compiler tidak akan pernah membaca pernyataan yang ditulis sebagai "komentar" tersebut.
Sekian Artikel mengenai Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang contoh komentar c++, komentar panjang c++ dan membuat komentar pada bahasa c++. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++"

Post a Comment