Struktur atau Bagian-Bagian Program C++ (Lengkap Penjelasan)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Struktur atau Bagian-Bagian Program C++. C++ sendiri merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 1980, ketika Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk memperoleh gelar Ph.D. dalam pembuatan contoh program pada artikel ini kita akan menggunakan IDE Dev-C++. Baiklah langsung saja kita bahas materi Struktur atau Bagian-Bagian Program C++.

Struktur program C++ sama seperti struktur program C yang merupakan pendahulunya. C++ hanya memiliki beberapa perbedaan dan pembaharuan, Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa statements (pernyataan) yang akan melaksanakan tugas tertentu.
Struktur atau Bagian-Bagian Program C++
Struktur atau Bagian-Bagian Program C++

Struktur Program C++

#include <file-header>

using namespace std;

main() {
     isi program / statements / pernyataan / komentar;
}

Contoh Program C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main () {
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     cout<<"Hello World";

     return 0;
}

Contoh program diatas merupakan program untuk menampilkan tulisan "Hello World" ke layar, penjelasan lebih detail mengenai program diatas (dijelaskan perbaris kode) dapat sobat lihat di artikel Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++ (Lengkap Penjelasan)

Secara Teknis program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 bagian utama, yaitu :
  1. Bagian pengarah compiler atau biasa disebut File Header, yang ditandai dengan simbol #
  2. Bagian deklarasi
  3. Bagian definisi
  4. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // atau pasangan /* … */

Bagian-bagian utama Program C++

1. Bagian pengarah compiler atau File Header
#include <iostream> //File Header

using namespace std; //File Header

int main () {
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     cout<<"Hello World";

     return 0;
}

File Header adalah file yang berisi deklarasi, baik berupa konstanta, fungsi, kelas, namespace, dan sebagainya. Ingat hanya berisi deklarasi. Apabila berupa fungsi, yang tertulis dalam file header hanya prototipenya saja. File ini tidak berisi implementasi atau kode-kode program dari fungsi atau kelas yang didefinisikan di dalamnya.

Baca Juga : Pengertian Compiler (Kompilator)

File Header juga merupakan statement praprosesor, disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. contohnya "iostream" merupakan file program yang mengandung deklarasi kelas-kelas yang diperlukan misal oleh objek "cout".

C++ menyediakan banyak file header untuk berbagai macam keperluan. perlu diketahui bahwa sebagian besar file header dalam C++ standar sudah tidak memiliki ekstensi ".h" , misalnya <iostream> , <string> , <cstring> dan sebagainya. dalam C++ klasik / tradisional, ekstensi ".h" wajib disertakan, misalnya <iostream.h> , <string.h> , <cstring.h> dan sebagainya.

Untuk lebih memahami kegunaan dari file header, perhatikan kembali contoh program diatas, dalam kode tersebut kita menggunakan perintah "cout", padahal kita tidak pernah mendefinisikan perintah tersebut. Pertanyaannya adalah, bagaimana compiler bisa mengenali perintah "cout" ? Jawabannya adalah karena "cout" telah dideklarasikan didalam file header "iostream". Pada saat kita menulis baris #include <iostream>, kita mengatakan kepada compiler bahwa kita akan menggunakan semua bentuk deklarasi yang ada di dalam file header "iostream".

2 & 3. Bagian Deklarasi dan Bagian Definisi
Semua program C pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Selain pemanggilan fungsi, program C mengandung komponen lain yang disebut statement. Statement C ada dua, yaitu:
  • statement yang tidak dapat dieksekusi / non executable (bila dikompilasi tidak menghasilkan kode objek dan biasanya digunakan untuk mengatur alur program).
  • statement yang dapat dieksekusi / executable (bila dikompilasi akan menghasilkan kode objek). Setiap pemanggilan fungsi maupun statement executable dalam C harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ).
#include <iostream> //File Header

using namespace std; //File Header

int main () { //Deklarasi
     int contohvariabel = 1; //Deklarasi
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     cout<<"Hello World"; //Definisi

     return 0; //Definisi
}

Dalam contoh program C++ diatas, Return merupakan contoh statement executable yang menginstruksikan agar suatu fungsi mengembalikan nilai balik tertentu. Contoh statement non executable adalah : If, else, dan while.

Main () adalah contoh fungsi, sedangkan "contohvariabel" adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan. Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsi perlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan.

4. Bagian komentar
Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* … */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar. C++ tidak mengizinkan komentar bersarang ( nested comment), namun Borland C++ lebih fleksibel dalam hal ini. ini merupakan salah satu alat yang sangat penting meskipun tidak berpengaruh untuk pembacaan program.

Perbedaan "/*...*/" dan "//"
  • /* komentar */
    /*...*/ digunakan untuk memberi tanda komentar pada pernyataan. Dimulai dari tanda /* dan akan diakhiri dimana saja dengan tanda */ . biasanya komentar jenis ini digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya lebih dari satu baris.
  • // komentar
    penggunaan // digunakan untuk memberi komentar hanya dibaris itu atau setelah tanda //.


Sekian Artikel mengenai Struktur atau Bagian-Bagian Program C++ Lengkap Dengan Penjelasan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Struktur C++ dan Bagian-bagian utama Program C++. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Struktur atau Bagian-Bagian Program C++
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

1 Response to "Struktur atau Bagian-Bagian Program C++ (Lengkap Penjelasan)"