Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++ (Lengkap Penjelasan)

Hello world (Halo dunia) merupakan istilah yang populer di dunia pemrograman, biasanya istilah ini / program ini merupakan istilah / program yang pertama kali diajarkan saat belajar pemrograman. program ini sangat sederhana, yang berfungsi menampilkan teks "Hello World!" / "Hello World" di layar. Biasanya program ini dipakai sebagai dasar sebelum membuat program yang di inginkan / yang lebih rumit. Istilah "Hello World" mulai dikenal luas melalui buku yang ditulis oleh Brian Kernighan dan Dennis Ritchie dengan judul "The C Programming Language", sehingga banyak anggapan bahwa Hello world pertama kalinya dipakai pada bahasa C untuk menunjukkan kemampuan bahasa tersebut.
Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++
Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++

Berikut ini adalah contoh cara membuat Program Hello World dalam bahasa pemrograman C++ dengan menggunakan IDE Dev-C++. Pada program ini kami menggunakan Tanda Double Slash ( // ) untuk memberikan komentar pada program yang kami buat agar sobat lebih memahami program tersebut.

Tanda Double Slash ( // ) sendiri merupakan tanda untuk memberikan komentar pada sebuah program, sehingga semua kalimat yang ditulis pada baris tersebut akan diabaikan atau tidak dieksekusi oleh program.

Cara membuat Program Hello World di C++ dengan Dec-C++

1. Buka Aplikasi Dev-C++ Sobat
Klik logo dev c++ di komputer
Klik logo dev c++ di komputer

Tampilan Awal Dev-C++
Tampilan Awal Dev-C++


2. Buat program baru dengan cara : File - New - Source File atau klik ikon New - Source File atau gunakan CTRL + N atau seperti gambar dibawah ini
Membuat program baru di Dev-C++
Membuat program baru di Dev-C++


3. Ketik source code programnya seperti dibawah ini
#include <iostream>

using namespace std;

int main ()
{
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     cout<<"Hello World";

     return 0;
}
Source program hello world di C++ dengan Dev-C++
Source program hello world di C++ dengan Dev-C++


4. Setelah menulis souce nya, tekan Compile & Run seperti gambar dibawah ini
Tekan Compile & Run seperti pada gambar (pada bagian kanan atas)
Tekan Compile & Run seperti pada gambar (pada bagian kanan atas)


5. Akan muncul dialog untuk menyimpan program buatan sobat. Beri nama sesuka sobat. Misal "Hello World" kemudian save dengan dengan Ekstensi ".cpp"
Save program Hello World dengan Ekstensi .cpp
Save program Hello World dengan Ekstensi .cpp


6. Setelah klik Save, akan mucul jendela yang menampilkan hasil program Hello World yang telah sobat buat.
Hasil Program Hello World
Hasil Program Hello World


7. Selamat sobat telah berhasil membuat program Hello World pada bahasa pemrograman C++ dengan menggunakan Dev-C++.


Penjelasan Source Code Program

1. #include <iostream>
Di baris pertama kita mengetikkan tulisan #include <iostream>. Artinya baris Preprocessor yang melampirkan file header (library) iostream ketika program dicompile. Kode yang diawali dengan # merupakan sebuah Preprocessor. Preprocessor berfungsi memberitahukan compiler untuk melakukan sesuatu sebelum melakukan kompilasi.


Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng includekan library iostream, dimana library iostream pada Bahasa C++ berguna sebagai standar input output (Pada Bahasa C menggunakan stdio.h). Salah satu isi iostream adalah untuk menggunakan statement Cin, Cout dan Endl

2. using namespace std;
Baris ini memberitahukan kepada compiler bahwa program yang kita tulis menggunakan Standar C++ Library. Tujuan dari penulisan kode "using namespace std;" ialah untuk melakukan penulisan kode langsung tanpa menuliskan std:: , Hal ini disebabkan, pada iosteam C++ melakukan pembungkusan semua fungsi input output dalam namespace std. Jika sobat tidak menuliskan "using namespace std;" , maka program harus ditulisakan sebagai berikut:
Program C++ tanpa namespace std;
Program C++ tanpa namespace std;


3. int main() { ... }
Kode ini menyatakan pembuatan sebuah fungsi utama (fungsi main). Semua program yang ditulis menggunakan bahasa C/C++ harus mempunyai sebuah main (fungsi utama). main adalah kode / fungsi awal yang akan dieksekusi ketika program dijalankan, hal ini berarti bahwa untuk memanggil / menjalankan fungsi lain, fungsi lain tersebut harus dipanngil melalui fungsi main(). tulisan int didepan "main" dinamakan "return type“ dimana tipe return / keluaran nya berupa nilai integer.


Kemudian simbol "{" dan "}" menandakan sebuah scope dalam code dimana isi scopenya adalah isi dari fungsi main(). Jadi ketika fungsi main() dipanggil maka isi yang ada pada scope lah yang dieksekusi.

4. cout<<"Hello World";
Merupakan sebuah statement dalam C++. statement inilah yang berpengaruh terhadap hasil eksekusi program. Statement pada contoh ini (cout) menyatakan bahwa cetak tulisan “HelloWorld” pada tampilan. "cout" bisa berjalan karena terdapat file header / library "iostream". Sobat dapat membuktikannya dengan menghilangkan "#include <iositream>" dan lihat apa yang terjadi ?

5. return 0;
Menyatakan hasil keluaran dari fungsi int main() ialah 0. Dalam C++, return 0 dalam int main() dapat diartikan bahwa program berakhir dengan normal.

Membuat Hello World dalam beberapa bahasa Pemrograman

Pada saat pertama kali belajar sebuah bahasa pemrograman, biasanya kita akan diajarkan bagaimana cara membuat program untuk menampilkan / mencetak kata "Hello World". Jika berhasil berarti kita sudah sampai pada tahap pertama dalam mempelajari bahasa tersebut. Tinggal selanjutnya melangkah untuk menguasai fungsi-fungsi lainnya. Pada kesempatan kali ini kita juga akan menunjukkan bagaimana cara membuat Hello World pada beberapa bahasa pemrograman.


1. Membuat Hello World dalam Bahasa C
#include <stdio.h>

int main()
{
     printf("Hello World");
     return 0;

2. Membuat Hello World dalam Bahasa C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main () {
cout<<"Hello World";
return 0;
}

3. Membuat Hello World dalam Bahasa Java
public class HelloDunia{
     public static void main(String args[]) {
          System.out.println("Hello World");
     }
}

4. Membuat Hello World dalam Bahasa LISP
(print "Halo dunia")

5. Membuat Hello World dalam Bahasa PHP
<?php echo "Halo dunia"; ?>


Sekian Artikel mengenai Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++ Lengkap dengan Penjelasan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Membuat Hello World di C++, Penjelasan Program Hello World di C++ maupun Membuat Hello World dalam beberapa bahasa Pemrograman. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "Membuat Hello World di C++ dengan Dev-C++ (Lengkap Penjelasan)"

Post a Comment