Pengertian dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Pengertian dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++. Dev-C++ merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler. IDE sendiri adalah Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. baiklah langsung saja akan kita bahas materi Pengertian dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++.

Apa itu Dev-C++ ?

Dev-C++ merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). Dev-C++ merupakan IDE gratis dan full featur yang didistribusikan dibawah lisensi GNU General Public License untuk pemrograman C dan C++. seperti yang sudah disebutkan diatas IDE merupakan Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program.

Versi Dev-C++ yang digunakan dalam penulisan program-program di materidosen.com adalah Dev-C++ 5.11, yang dirilis pada tanggal 27 april 2015. Compiler C++ yang digunakan dalam Dev-C++ 5.11 adalah TDM-GCC 4.9.2. (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC).

Pada versi Dev-C++ yang lebih lama misal Dev-C++ 5.3.0.3 yang dirilis pada tanggal 11 November 2012, Compiler yang digunakan adalah MinGW (versi 4.7.0) namun untuk Dev-C++ keluaran diatas 25 Oktober 2014 Compiler yang digunakan adalah TDM-GCC. Hal tersebut karena TDM-GCC dianggap memiliki lebih banyak fitur, membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dan lebih sedikit kemungkinan terjadi crash.

Dalam pembuatan program dengan bahasa C++, kami menyarankan sobat untuk menggunakan Dev-C++ dengan versi Dev-C++ 5.11 / yang lebih baru. Sobat dapat memperoleh informasi terbaru / mendapatkan Dev-C++ versi terbaru melalui blog di alamat web berikut orwelldevcpp.blogspot*com

Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++
Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++

Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++

Membuat Lembar Kerja Baru (File Editor / New File)
Lembar Kerja Baru merupakan tempat untuk menulis sebuah program, jadi saat sobat akan membuat program di Dev-C++ sobat pasti melakukan langkah ini. Lembar kerja baru nantinya berisi kode program yang dapat dikompilasi dan dijalankan untuk menampilkan hasilnya. file yang dibuat pada lembar kerja baru akan mempunyai ekstensi file .CPP (untuk Bahasa C++).
Membuat Lembar Kerja Baru (File Editor / New File)
Membuat Lembar Kerja Baru (File Editor / New File)

Terdapat 3 cara membuat lembar kerja baru, lakukan salah satu yang menurut sobat paling mudah:
  1. Pada bagian Menu Bar, Klik File -> Klik New -> Klik Source File
  2. Tekan Hotkey (CTRL + N)
  3. Pada bagian Tools Bar klik logo New / logo yang menyerupai logo Source File

Menyimpan Lembar Kerja / File Editor
Setelah selesai mengetikan / menulis naskah program pada lembar kerja, maka selanjutnya sobat pasti butuh menyimpannya. Terdapat 4 cara menyimpan lembar kerja / File Editor, lakukan salah satu yang menurut sobat paling sesuai:
  1. Pada bagian Menu Bar, Klik File -> Klik Save -> Isi File Name / Nama File sesuai keinginan sobat dan pastikan Save as type nya C++ Source File
  2. Tekan Hotkey (CTRL + S) -> Isi File Name / Nama File sesuai keinginan sobat dan pastikan Save as type nya C++ Source File
  3. Pada bagian Tools Bar klik logo Save -> Isi File Name / Nama File sesuai keinginan sobat dan pastikan Save as type nya C++ Source File
  4. Pada bagian Menu Bar, Klik File -> Klik Save As -> Isi File Name / Nama File sesuai keinginan sobat dan pastikan Save as type nya C++ Source File

Menyimpan Lembar Kerja dengan cara "Save As"
Menyimpan Lembar Kerja dengan cara "Save As"

Isi File Name / Nama File sesuai keinginan sobat dan pastikan Save as type nya C++ Source File
Isi File Name / Nama File sesuai keinginan sobat dan pastikan Save as type nya C++ Source File

Untuk cara 1,2 dan 3. Penyimpanan lembar kerja menggunakan cara "Save", Save sendiri digunakan untuk menyimpan perubahan-perubahan pada sebuah lembar kerja dan menyimpannya ke dalam file yang sudah pernah dibuat / disimpan sebelumnya


Sedangkan untuk cara 4. Penyimpanan lembar kerja menggunakan cara "Save As", Save As sendiri digunakan untuk menyimpan perubahan-perubahan pada sebuah lembar kerja dan menyimpannya ke dalam sebuah file baru

Membuka Program / File Editor yang sudah pernah disimpan
Selain mengetikan / menulis program pada lembar kerja baru, sobat juga dapat membuka atau memanggil program yang sudah pernah dibuat untuk selanjutnya dapat sobat edit / lihat kembali.
Membuka Program / File Editor yang sudah pernah disimpan
Membuka Program / File Editor yang sudah pernah disimpan

Cari file / program yang akan sobat buka
Cari file / program yang akan sobat buka

Terdapat 3 cara membuka atau memanggil program yang sudah pernah dibuat, lakukan salah satu yang menurut sobat paling mudah:
  1. Pada bagian Menu Bar, Klik File -> Klik Open -> Cari file / program yang akan sobat buka -> Klik file yang akan sobat buka -> Klik Open.
  2. Pada bagian Tools Bar klik logo Open -> Cari file / program yang akan sobat buka -> Klik file yang akan sobat buka -> Klik Open.
  3. Tekan Hotkey (CTRL + O) -> Cari file / program yang akan sobat buka -> Klik file yang akan sobat buka -> Klik Open.

Melakukan Compile Program (Menterjemahkan Program)
Proses Compile adalah suatu proses menterjemahkan program dari bahasa manusia kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer (diterjemahkan kedalam bahasa mesin), Proses compile biasanya digunakan para programmer untuk mengecek apakah program yang dibuat sudah terbebas dari error, karena proses compile program sendiri tidak menghasilkan output berupa tampilan hasil eksekusi program yang dibuat atau hanya mengecek apakah terdapat kesalahan teknis / penulisan pada program yang dibuat
Melakukan Compile Program
Melakukan Compile Program

Terdapat 3 cara untuk melakukan compile program, lakukan salah satu yang menurut sobat paling sesuai:
  1. Pada bagian Menu Bar, Klik Execute -> Klik Compile
  2. Pada bagian Tools Bar klik logo Compile
  3. Tekan Hotkey F9 atau (fn + F9) tergantung laptop masing-masing

Menjalankan Program (dengan Run)
Proses Run adalah suatu proses menterjemahkan program, melakukan proses linking, membuat file eksekusi (.exe) dan sekaligus menjalankan program. Proses Run dilakukan seorang programmer setelah dia memastikan bahwa program yang ditulis sudah benar, biasanya sebelum melakukan Run Program seorang programmer akan melakukan compile program terlebih dahulu karena saat melakukan Proses Run, compiler tidak akan mengecek apakah program yang ditulis masih ada kesalahan atau tidak (langsung menjalankan).
Melakukan Run Program
Melakukan Run Program

Hasil setelah program dijalankan
Hasil setelah program dijalankan

Terdapat 3 cara untuk menjalankan (Run) program, lakukan salah satu yang menurut sobat paling sesuai:
  1. Pada bagian Menu Bar, Klik Execute -> Klik Run
  2. Pada bagian Tools Bar klik logo Run
  3. Tekan Hotkey F10 atau (fn + F10) tergantung laptop masing-masing

Menjalankan Program (dengan Compile & Run)
Proses Compile & Run merupakan gabungan antara Proses Compile Program dan Proses Run Program, artinya sebelum dijalankan program juga akan di cek apakah secara teknis masih terdapat error / kesalahan di program. Saat akan menjalankan program C++ kami menyarankan sobat untuk melakukan proses ini (bukan proses run) hal tersebut karena seandainya masih terdapat kesalahan dalam program (misal kurang ";") proses run akan tetap menjalankan program sedangkan seandainya menggunakan Compile & Run program tidak dapat dijalankan dan akan memunculkan pesan error berupa letak kesalahan pada program sehingga sobat dapat memperbaiki terlebih dahulu proram yang sobat buat.
Melakukan Compile & Run Program
Melakukan Compile & Run Program

Hasil setelah program dijalankan
Hasil setelah program dijalankan

Terdapat 3 cara untuk melakukan "Compile & Run" program, lakukan salah satu yang menurut sobat paling sesuai:
  1. Pada bagian Menu Bar, Klik Execute -> Klik Compile & Run
  2. Pada bagian Tools Bar klik logo Compile & Run
  3. Tekan Hotkey F11 atau (fn + F11) tergantung laptop masing-masing


Sekian Artikel mengenai Pengertian dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Apa itu Dev-C++ dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "Pengertian dan Dasar-Dasar Penggunaan Dev-C++"

Post a Comment