Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu C++ dan Dev-C++

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Apa itu C++ dan Dev-C++, C++ sendiri merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 1980, ketika Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk memperoleh gelar Ph.D. sedangkan Dev-C++ adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). baiklah langsung saja akan kita bahas materi Pengertian C++ dan Dev-C++.
Apa itu C++ dan Dev-C++
Apa itu C++ dan Dev-C++

Apa itu Bahasa C++ ?

Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang merupakan pengembangan dari bahasa C yang disempurnakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980 menjadi C dengan kelas (C With Classes) dan berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. awalnya C++ disebut "a better C" kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi increment (penaikan), digunakan untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.


Bahasa C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Pragramming / OOP) yang tidak dimiliki C. Sebenarnya reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan program .EXE berukuran kecil, fleksibilitas pemrograman, eksekusi yang cepat dan antarmuka (interfacing) yang sederhana. namun C++ merupakan Superset dari C, dimana C++ dapat menjalankan sebagian besar (File Header / library) dari C, sedangkan C tidak bisa menjalankan / memanggil code (File Header / library) dari C++, Selain itu dengan adanya standarisasi ANSI pada C++, membuat bahasa C++ akan memiliki "bahasa" yang sama pada setiap compiler.


Apa itu Dev-C++ ?

Dev-C++ adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). Dev-C++ merupakan IDE gratis dan full featur yang didistribusikan dibawah lisensi GNU General Public License untuk pemrograman C dan C++. IDE sendiri adalah Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program.

Versi Dev-C++ yang digunakan dalam penulisan program-program di materidosen.com adalah Dev-C++ 5.11, yang dirilis pada tanggal 27 april 2015. Compiler C++ yang digunakan dalam Dev-C++ 5.11 adalah TDM-GCC 4.9.2. (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). 

Pada versi Dev-C++ yang lebih lama misal Dev-C++ 5.3.0.3 yang dirilis pada tanggal 11 November 2012, Compiler yang digunakan adalah MinGW (versi 4.7.0) namun untuk Dev-C++ keluaran diatas 25 Oktober 2014 Compiler yang digunakan adalah TDM-GCC (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). Hal tersebut karena TDM-GCC dianggap memiliki lebih banyak fitur, membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dan lebih sedikit kemungkinan terjadi crash.

Dalam pembuatan program dengan bahasa C++, kami menyarankan sobat untuk menggunakan Dev-C++ dengan versi Dev-C++ 5.11 / yang lebih baru. Sobat dapat memperoleh informasi terbaru / mendapatkan Dev-C++ versi terbaru melalui blog di alamat web berikut orwelldevcpp.blogspot*com

Fungsi IDE Dev-C++

  1. Menulis Program / Source Code.
  2. Mengkompilasi Program (Compile)
  3. Melakukan Pengujian Program (Debugging)
  4. Mengaitkan Object dan Library ke Program (Linking)
  5. Menjalankan Program (Running)


Sekian Artikel mengenai Apa itu C++ dan Dev-C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Pengertian C++, Apa itu C++, C++ adalah, Apa itu Dev-C++, Dev-C++ adalah. Dan jika sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Apa itu C++ dan Dev-C++
MateriDosen.Com

2 komentar untuk "Apa itu C++ dan Dev-C++"

Fia Kasiro 13 Desember 2017 05.40 Hapus Komentar


Thank you for your info! Sanagt membantu saya dalam belajar di semester awal ini!
sri mulyanivi 14 Januari 2018 05.00 Hapus Komentar
wahhh........... sangat membantu sekali terimakasihhh