29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya

Jenis Jenis Surat - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Jenis Jenis Surat / Bentuk Bentuk Surat / Macam Macam surat. Pertama tama kita awali dengan Pengertian Surat, Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis dari suatu pihak kepada pihak lainnya. Fungsi surat sendiri meliputi 5 hal yaitu : sarana pemberitahuan, alat pengingat, bukti historis, alat bukti tertulis, dan pedoman kerja.

Berdasarkan kriteria tertentu surat dapat dibagi menjadi beberapa jenis, sudah kah sobat tahu pembagian jenis jenis surat ?. Nah seandainya sobat belum mengetahui Jenis Jenis Surat maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai Jenis Jenis Surat secara lengkap dengan Pengelompokan nya.
Jenis Jenis Surat, Bentuk Bentuk Surat, Macam Macam surat
29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada berbagai macam macam surat yang umum beredar di masyarakat. Secara garis besar surat-surat itu dapat dibagi dalam beberapa jenis sesuai dengan pengelompokan nya berikut 29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya.

29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya

A. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Pembuatan Surat

1. Surat Pribadi
Yang dimaksud dengan surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Surat pribadi ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  • Surat pribadi yang isinya bersifat setengah resmi. Contohnya dalam hal ini adalah surat lamaran pekerjaan, surat ijin untuk tidak masuk sekolah / kantor / kuliah dan sejenisnya.
  • Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan. Contohnya dalam hal ini adalah surat untuk sahabat, surat perkenalan, surat untuk orangtua dan keluarga, dan sejenisnya.

2. Surat Resmi
Yang dimaksud dengan surat resmi adalah surat yang menyangkut masalah tugas dalam sebuah organisasi baik itu suatu instansi / lembaga kepada seseorang atau lembaga / instansi lainnya. Conot surat resmi, Misalnya surat dari seorang bendahara perusahaan kepada bagian akuntan publik atau audit keuangan yang bertugas memantau kondisi keuangan dari perusahaan tersebut.

B. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Pesan Surat

3. Surat Niaga
Yang dimaksud dengan surat niaga adalah surat yang dibuat oleh badan-badan usaha atau organisasi perusahaan yang isinya menyangkut kepentingan niaga atau bisnis. Misalnya surat yang dikirimkan oleh perusahaan A kepada perusahaan B yang berisi permintaan suatu barang tertentu yang menjadi objek usaha atau bisnis mereka.

4. Surat Dinas
Yang dimaksud dengan surat dinas adalah surat yang dibuat oleh suatu instansi pemerintah yang isinya menyangkut soal-soal kedinasan. Contohnya adalah surat-surat yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat kepada masing-masing pemerintah daerah yang berisi suatu instruksi tertentu

5. Surat Keluarga
Surat keluarga merupakan surat yang berisi informasi, masalah atau berita dalam lingkup keluarga atau kekeluargaan. Misalnya surat untuk kakak, tante atau saudara yang menginformasikan bahwa dirinya akan segera melangsungkan pernikahan dan sejenisnya.

6. Surat Setengah Resmi
Surat setengah resmi ialah surat yang dikirimkan oleh seseorang kepada instansi atau lembaga organisasi tertentu. Contoh surat setengah resmi adalah permohonan IMB, surat lamaran kerja dan surat permohonan cuti.

7. Surat Sosial
Yang dimaksud dengan surat sosial adalah surat yang berisi kepentingan sosial dan dibuat oleh lembaga-lembaga sosial. Contohnya dalam hal ini adalah surat-surat yang dikeluarkan oleh sebuah panti asuhan kepada pihak-pihak tertentu yang berisi permintaan untuk menjadi donatur bagi panti asuhan tersebut atau surat yang dikeluarkan sebuah karang taruna untuk kerja bakti..

8. Surat Pengantar
Surat ini ditujukan kepada perorangan atau lembaga sebagai referensi / pengatur seseorang untuk berhubungan dengan pihak penerima surat.

C. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Wujud Surat

9. Telegram
Telegram adalah suatu tulisan atau tanda atau berita yang dikirimkan dari jarak jauh melalui pesawat bernama telegraf. Sarana pengiriman pesan jenis ini sekarang sudah tak terlalu populer setelah adanya SMS dan berbagai sarana pengiriman pesan lainnya yang lebih praktis.

10. Surat Bersampul
Surat bersampul adalah surat yang dikirimkan kepada seseorang dengan menggunakan sampul surat. Dalam kategori surat berdasarkan wujud, surat jenis ini lah yang banyak kita gunakan dalam berkomunikasi. Kelebihan surat ini dibanding dengan jenis surat yang lain adalah lebih terjamin kerahasiaan isinya; lebih leluasa dalam menulis isi surat karena dapat menulis berita atau informasi yang cukup panjang dan lebih lengkap; lebih santun dalam surat menyurat.

11. Warkat Pos
Warkat pos adalah selembar kertas yang dibuat secara khusus, sehingga apabila kertas tersebut dilipat akan menjadi semacam sampul yang bagian dalamnya dapat digunakan untuk menulis isi surat. Kegunaan surat jenis ini adalah untuk menyampaikan informasi yang agak panjang dalam sehelai kertas. Lembaran surat jenis ini biasanya dijual di kantor pos.

12. Kartu Pos
Kartu pos adalah selembar surat (mungkin lebih tepat bila disebut selembar kertas) yang biasanya terbuat dari kertas karton dengan ukuran kira-kira 20 cm x 30 cm yang bisa digunakan untuk menulis surat yang isinya pendek dan tidak mengandung suatu kerahasiaan yang perlu dijaga karena pesan yang tertulis dapat diketahui oleh orang lain yang bukan haknya sebab pesan berada pada halaman terbuka.

13. Surat Elektronik
Surat elektronik merupakan sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer / handphone (menggunakan internet / jaringan seluler). contoh surat elektronik adalah pengiriman pesan menggunakan email, namun kami juga memasukkan SMS (Short Message service) dan pengiriman pesan melalui Aplikasi Catting (misal WA dan BBM) ke dalam jenis surat elektronik karena keduanya dikirim mengunakan internet / jaringan seluler.

D. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Pengertian Umum

14. Surat Kaleng
Surat kaleng ialah surat yang pengirimannya tidak mencantumkan nama dan alamat pengirim secara jelas. Pengirim surat ini tidak bertanggung jawab terhadap isi surat. Akan tetapi untuk beberapa hal perlu juga diperhatikan oleh penerima surat ini. sering kali surat jenis ini disalah gunakan untuk mengirim sebuah ancaman.

15. Surat Terbuka
Surat terbuka adalah surat yang ditujukan kepada pihak lain, biak perorangan maupun kelompok yang biasanya dimuat di media massa atau diedarkan secara terbuka. surat jenis ini biasanya tidak bersampul dan penyampaiannya diedarkan secara terbuka.

16. Surat Tertutup
Surat tertutup adalah surat yang cara pengirimannya diberi sampul karena isinya tidak layak diketahui / dilihat oleh pihak lain.

E. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Jumlah Pembaca Surat

17. Surat Biasa (dengan jumlah pembaca 1 orang / spesifik)
Surat biasa adalah surat yang khusus dikirimkan kepada seseorang yang namanya tertera pada alamat surat dan hanya untuk diketahui oleh orang yang dituju.

18. Surat Edaran
Surat edaran adalah surat yang dikirimkan kepada beberapa orang, baik di dalam maupun di luar kantor yang bersangkutan. Kadang-kadang, surat ini hanya berisi sesuatu yang hanya diketahui oleh para pejabat tertentu. Ada pula surat edaran yang dapat disebarkan ke raung lingkup yang lebih luas.

19. Pengumuman
Pengumuman merupakan surat yang ditujukan kepada beberapa orang, instansi, atau berbagai pihak (khalayak umum) yang namanya terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu. Pengumuman ini dapat digunakan dalam raung lingkup yang terbatas maupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Contohnya pengumuman kelulusan tes atau penerimaan pegawai.

F. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Pengiriman Surat

20. Surat Biasa (berdasarkan lama pengiriman)
Jenis surat ini baik cara pembuatan atau pengirimannya tidak harus diprioritaskan, biasanya surat biasa sampai ke tangan penerima yang dituju dalam waktu 3-7 hari. seandainya waktu pengiriman molor pun biasanya tidak mengakibatkan efek yang fatal.
21. Surat Segera
Pesan dalam jenis surat ini perlu segera disampaikan kepada penerima surat, tetapi tidak harus dikerjakan atau ditanggapi dengan cepat seperti pada surat kilat.

22. Surat Kilat
Surat kilat ialah surat yang pesannya harus dapat disampaikan / diterima kepada penerima surat secepat mungkin. Tanggapan yang diharapkan dari surat tersebut pun perlu direspon dengan cepat. biasanya surat jenis ini sampai ke tangan penerima yang dituju dalam waktu kurang dari 24 jam.

G. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Ruang Lingkup Surat

23. Surat Biasa (Ruang lingkup tidak dibatasi)
Berdasarkan kategori Ruang Lingkup Surat, Surat biasa adalah surat yang dikirimkan kepada orang lain, baik yang berada di dalam maupun di luar instansi yang bersangkutan.

24. Nota
Nota merupakan surat yang dibuat oleh atasan kepada bawahan atau sebaliknya di dalam sebuah kantor untuk meminta informasi atau data yang dibutuhkan.

25. Memorandum/ Memo
Memo merupakan pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. memo ini biasanya dibuat oleh atasan kepada bawahan atau kepada pejabat yang setingkat dengan pejabat pembuat memo.

H. Jenis Jenis Surat Berdasarkan Keamanan Pesan Surat

26. Surat Biasa (Isi pesan dapat diketahui oleh umum)
Surat biasa adalah surat yang pesannya dapat diketahui oleh orang lain tanpa mengakibatkan kerugian bagi pihak mana pun. Misalnya surat undangan atau surat edaran.

27. Surat Rahasia
Ini juga merupakan surat yang isinya bersifat rahasia, namun skala kerahasiaannya tidaklah setinggi atau sebesar surat yang tergolong sebagai ‘sangat rahasia’. Untuk surat golongan ini bisa dicontohkan surat dari sebuah perusahaan perbankan kepada seorang nasabahnya, yang berisi laporan keuangan dari saldo milik nasabah atau deposito milik sang nasabah.

28. Surat Sangat Rahasia
Ini adalah surat yang tidak boleh jatuh ke tangan orang lain atau pihak lain yang tidak berkepentingan dengan isi surat tersebut, karena isinya yang memang sangat rahasia. Misalnya surat yang berisi tentang rahasia negara atau suatu rahasia perusahaan tertentu.

29. Surat Konfidensial
Ini adalah surat yang isinya hanya boleh diketahui oleh orang yang dituju atau pihak yang dituju oleh pengirim surat tersebut. Contohnya dalam hal surat konfidensial ini adalah surat yang dikirim oleh seorang bupati kepada seorang kepala desa.


Sekian Artikel mengenai 29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Jenis Jenis Surat, Bentuk Bentuk Surat, Macam Macam surat, Pengertian Surat. Dan jika sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "29 Jenis Jenis Surat Lengkap Pengelompokan nya"

Post a Comment