10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika. Beberapa tahun belakangan jurusan tekik informatika seakan menjadi idola dan makin diminati, Tak heran semakin banyak perguruan tinggi di indonesia seperti universitas, institut dan sekolah tinggi yang menawarkan jurusan teknik informatika. Karena topik Jurusan Informatika sangat menarik untuk dibicarakan, maka kami akan membahas lebih dalam lagi. Jadi, bagaimana Prospek lapangan kerja / masa depan untuk jurusan Teknik Informatika ? Akan kita bahas selengkapnya disini.

Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Topik utama dalam Tekniki Informatika adalah mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data atau pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer semaksimal mungkin. Kemampuan utama yang akan dimiliki seorang mahasiswa jurusan teknik informatika adalah kemampuan untuk berpikir logis dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah.

Pada perkembangan teknik informatika saat ini, mahasiswa jurusan teknik informatika dibantu untuk menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan kemampuan untuk memahami, menerapkan, menganalisis dan menilai, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan data menggunakan komputer.

Perkuliahan Jurusan Teknik Informatika

Secara umum, mata kuliah utama yang akan di terima mahasiswa jurusan teknik informatika adalah Algoritma, Metode Numerik, Matematika Siskrit, Aljabar, Bahasa Pemrograman, Jaringan Komputer, DataBase, Arsitektur Komputer, Sistem Operasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Kecerdasan Buatan, dan lain sebagainya.
Perkuliahan Jurusan Teknik Informatika
Perkuliahan Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika memiliki beberapa program peminatan, sebagai contoh di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS / Semarang) terdapat 3 peminatan studi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia dan Jaringan.

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Seorang lulusan jurusan Teknik Informatika diharapkan memiliki beberapa kemampuan, diantaranya adalah sebagai berikut : Mampu mengoperasikan dan menguasai konsep kerja sistem komputer, Mampu merancang Sistem Basis Data, Mampu menganalisis dan mendesain sistem informasi, Mampu merekayasa perangkat lunak, Mampu merekayasa jaringan serta mampu membuat sebuah sistem yang terintegrasi dengan menggunakan perangkat lunak.

Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya, lulusan jurusan teknik informatika sebenarnya memiliki peluang kerja yang sangat luas, Apalagi di era teknologi yang berkembang semakin pesat pasti banyak dibutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi, Jadi prospek kerja teknik informatika terbilang sangat menjanjikan. Dari besarnya peluang yang ada kami mencoba menggambarkan secara ringkas 10 Prospek Kerja / Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika, berikut ringkasannya:

1. Bekerja sebagai Programmer
Menjadi programmer adalah mimpi utama dan paling ideal bagi sebagian besar orang yang menggambil jurusan Teknik Informatika. Karena di jurusan Teknik Informatika memang lebih fokus ke software / membuat program dan hal tersebut sangat cocok dengan pekerjaan seorang programmer.

Bidang programmer sendiri sangat luas. Mirip seperti dokter yang ada spesialisasi, programming juga memiliki pembagian tergantung dari aplikasi yang dibuat dan bahasa yang digunakan. Apakah aplikasi itu nantinya harus diinstall (desktop programming), berupa website (web programming), atau aplikasi android (mobile programming). Pembagian ini perlu karena setiap bidang sangat banyak yang mesti di kuasai dan sangat jarang ada seorang programmer yang menguasai semua bidang. Sebagai contoh, untuk bisa web programming minimal paham HTML, PHP, dan MySQL. Belum lagi materi lanjutan seperti Framework yang tentunya Framework sendiri ada berbagai macam.

Setiap mahasiswa jurusan IT kami sarankan untuk memilih fokus memperdalam satu bidang programming. Ketika tamat, seharusnya sudah bisa membuat aplikasi sendiri, entah itu berupa website, aplikasi android, maupun aplikasi desktop (salah satu saja). Di kampus biasanya akan diajarkan semua bidang ini, tapi hanya pengantar atau "kulit" saja, dan kalian wajib mendalaminya sendiri.

Dalam hal lapangan kerja seorang programmer dapat bekerja pada segala jenis perusajaan, baik industri, instansi pemerintah, perbankan, media, pertelevisian, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya. Namun dalam hal pendapatan, Besar gaji seorang Programmer sangat berkaitan dengan kemampuan perusahaan (besar kecil perusahaan) dan skill sobat. Jika mampu masuk ke perusahaan besar, tentu gajinya juga besar namun skill yang dituntut pun pasti lebih banyak.

2. Programmer Freelance
Selain kerja di perusahaan, lulusan Teknik Informatika juga dapat bekerja sebagai programmer freelance. Inilah kerjaan paling fleksibel. Kita dapat bekerja darimana saja selama terhubung dengan Internet. Biasanya programmer freelance menjadikan rumah sebagai kantor.

Bidang profesi programmer freelance sangat beragam. Misalnya sobat bisa membuka jasa pembuatan aplikasi android, pembuatan website, hingga membuka layanan konsultasi untuk mahasiswa yang bingung mengerjakan skripsi atau lebih tepatnya jasa pembuatan program skripsi.

Peluang terbesar dari programmer freelance adalah membuat aplikasi dan di jual di marketplace luar negeri. Sebagai contoh, sobat bisa kunjungi situs themeforest.net. Ini adalah situs marketplace untuk template atau theme website. Jika sobat mampu (dan bisa) membuat theme wordpress, bisa coba dijual disana. Satu theme dihargai $20-$100 (sekitar 260rb - 1,3juta). Seandainya theme yang sobat buat laris, tinggal kalikan saja berapa keuntungan yang di dapat. itu baru satu theme, sobat bisa membuat puluhan bahkan ratusan theme (template) lainnya.

Dibalik kenyamanan kerja di rumah dan bisa bangun tidur suka-suka. Tantangan terbesar programmer freelance adalah pendapatan yang tidak pasti. Mirip seperti dagang, kadang kita bisa dapat banyak orderan, kadang ngak ada sama sekali.

3. Sistem Analis / System Integrator / IT Consultant
Masih berhubungan dengan perangkat lunak atau software, lulusan teknik informatika juga mempunyai kesempatan bekerja sebagai Sistem Analis. Tugas dari seorang Sistem Analis adalah melakukan analisis terhadap program atau sistem yang berbasis teknologi dan informasi dalam sebuah perusahaan atau instansi. Dari hasil analisis yang didapat, seorang Sistem Analis berusaha menemukan jalan keluar dan membuat solusi yang lebih mengedepankan teknologi dengan memanfaatkan perangkat lunak atau software yang direkomendasikannya.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak (Lengkap Penjelasan)

Seorang lulusan Teknik Informatika sangat potensial menjadi Sistem Analis, karena mereka dapat menerapkan ilmu - ilmu yang diperoleh selama kuliah ke dunia nyata, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi di dalamnya.

4. Software Tester
Selain sebagai pembuat software (perangkat lunak) lulusan teknik informatika juga dapat bekerja sebagai penguji perangkat lunak. pengujian perangkat lunak dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari suatu produk atau layanan perangkat lunak yang sedang diuji, atau lebih spesifiknya software tester bertugas untuk mengeksekusi suatu perangkat lunak untuk menemukan bug (kesalahan atau cacat lainnya) dari perangkat lunak.

5. Database Engineer / Database Administrator
Meski masih berhubungan dengan perangkat lunak beserta pengembangannya. Namun pekerjaan Database Administrator / Database Engineer hanya terfokus pada pengembangan basis data / data base saja. Data - data yang terdapat pada sebuah perusahaan atau instansi, dirancang dan dipelihara sebaik mungkin agar terstruktur serta tidak berantakan sehingga mencegah terjadinya kehilangan ataupun pencurian data. Untuk menangani hal ini, lulusan teknik informatika merupakan orang yang paling tepat.

Selain belajar software para mahasiswa teknik informatika juga diajarkan database. Keahlian di bidang ini juga sangat dibutuhkan terutama di industri telekomunikasi seperti indosat, biznet, telkom, xl dll. Tapi untuk bisa dikatakan ahli di bidang ini kita mesti ambil lagi sertifikasi pihak ketiga seperti Oracle Database Administrator.

6. Computer Network dan Teknisi Jaringan
Menjadi seorang Computer Network dan Teknisi Jaringan juga menjadi salah satu peluang kerja bagi lulusan teknik informatika. Seorang computer network bertugas untuk merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Selain itu, computer network dan teknisi jaringan juga berperan dalam melakukan perawatan serta pengelolaan jaringan dalam sebuah instansi / perusahaan. Apapun fungsinya, jaringan sangat penting dalam era teknologi seperti sekarang ini, Namun untuk bisa dikatakan ahli di bidang ini kita mesti ambil lagi sertifikasi pihak ketiga seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate).

Baca Juga : 12 Fakta Unik Mahasiswa Teknik Informatika

Menguji perangkat lunak dalam artian bertanggung jawab atas kebenaran / kesesuaian fungsinya sebagai perangkat lunak yang dibuat untuk memudahkan seseorang dalam melakukan sesuatu. Kepekaan, Pengalaman dan rasa tanggung jawab yang tinggi adalah bekal utama bagi lulusan Teknik Informatika dalam melaksanakan profesi ini.

7. Game Developer
Mahasiswa Teknik Informatika terkadang juga dibekali dengan kemampuan komputer grafis. Dengan adanya keahlian komputer grafis + pemrograman serta didukung hobi akan main game, seorang lulusan teknik informatika juga dapat menjadi seorang developer game (pembuat game). membuat atau mengembangkan perangkat lunak untuk menciptakan game merupakan peluang kerja yang cukup menggiurkan bagi lulusan teknik informatika. Terlebih lagi, jika games yang dijual ke pasaran tersebut menjadi game yang laris dan membuat banyak orang memainkannya. Bisa dipastikan rekening sobat akan terus dialiri dolar selama game tersebut masih banyak dimainkan. Karena selain pendapatan dari penjualan game, iklan yang terkandung di dalam game juga menjadi passive income bagi para Game Developer. Gima tertarik jadi game developer ?

8. Pengajar IT (Instruktur/Guru/Dosen)
Tidak dapat dipungkiri kedepannya kebutuhan akan pengajar IT sangat dibutuhkan, Hal ini karena semakin berkembangnya teknologi maka kebutuhan akan pengajar / instruktur IT makin besar, selain itu terdapat fakta bahwa jumlah tenaga pendidik teknik informatika yang kompeten saat ini boleh dikatakan masih kurang, terutama untuk daerah-daerah yang baru mulai berkembang. Peluang menjadi dosen / instruktur juga semakin terbuka sehubungan dengan semakin banyaknya perguruan tinggi / sekolah yang mengajarkan IT semakin banyak di buka di seluruh Indonesia, namun untuk menjadi dosen / instruktur / guru, sarjana teknik informatika harus memiliki skill yang mumpuni dan sebaiknya melanjutkan studinya ke jenjang S2.

9. Teknisi Komputer
Anggapan masyarakat umum bahwa lulusan jurusan IT itu bisa memperbaiki komputer. Padahal kenyataannya tidak ada mata kuliah yang secara khusus mengajarkan cara merakit komputer, memperbaiki laptop, instalasi program maupun menghapus virus.
Biasanya keahlian ini dipelajari secara otodidak. Apakah memang hobi bongkar pasang komputer atau mempelajari tutorialnya di internet. Ini bukan kemampuan utama yang akan dipelajari saat masuk ke jurusan teknik informatika. Namun kami yakin, pasti sebagian lulusan teknik informatika paham dengan perbaikan komputer (pada tingkat dasar) sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuka jasa perbaikan komputer atau laptop. Selain itu juga bisa sekalian membuka toko komputer karena mempunyai pengetahuan dasar tentang komputer.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika
Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

10. Jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Sepertinya inilah kerjaan "impian" bagi sebagian dari kita. Kerja sebagai PNS memiliki banyak keuntungan, seperti anti dipecat (kecuali sobat berbuat kriminal) kerja relatif santai terutama jika dibandingkan dengan karyawan bank / perusahaan swasta yang tiap hari punya target, karir yang sudah ada jalurnya, besar gaji yang relatif bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari (minimal bisa makan + kredit rumah dan motor), hingga jaminan hari tua (pensiun).

Lulusan IT juga bisa masuk menjadi PNS, tentu saja selama ada lowongan untuk bidang tersebut (yang biasanya cukup banyak). Dari beberapa cerita teman, kerjaannya ngak jauh-jauh dari teknisi komputer, yakni memperbaiki komputer rusak, hapus virus, instalasi program, dll. Relatif jarang ada PNS yang kerjaannya murni sebagai programmer. Biasanya aplikasi atau website pemerintah dibuat oleh pihak ketiga (melalui proses tender). PNS disini hanya sebagai konsumen / pengguna aplikasi bukan membuat aplikasi sendiri.


Industri digital di Indonesia memang belum sebesar di luar negeri (amerika atau eropa), tapi justru inilah kesempatan sobat. Hampir semua lini bisnis harus go-online dan hampir semua lini bisnis memubutuhkan IT agar tidak ketinggalan. Oleh karena itu jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang paling potensial jika teman-teman ingin cepat mandiri, mudah mendapat kerja dan memiliki masa depan cerah, namun perlu di ingat untuk menjadi lulusan Teknik Informatika yang memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni sobat juga perlu belajar ekstra keras dan terus menggali serta memperbaharui ilmu yang sobat punya agar dapat bersaing di dunia kerja.

Sekian Artikel mengenai 10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Jurusan Teknik Informatika, Kuliah Teknik Informatika dan Lulusan Teknik Informatika. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika"

Post a Comment