Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pengertian Teknologi Pembelajaran Menurut Ahli atau Organisasi

Salah satu komponen kunci yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan saat ini adalah teknologi pembelajaran. Pada Artikel ini kita akan membahas Pengertian Teknologi Pembelajaran, sebuah topik yang kerap menjadi bahan perbincangan di antara para pendidik, siswa, dan orangtua. Dalam rangka membahasnya secara mendalam, artikel ini akan membahas apa itu teknologi pembelajaran, jenis-jenis teknologi pembelajaran, serta dampak positif dan negatif yang mungkin ditimbulkan, berikut pembahasan lengkapnya.
6 Pengertian Teknologi Pembelajaran Menurut Ahli atau Organisasi
6 Pengertian Teknologi Pembelajaran Menurut Ahli atau Organisasi

Pengertian Teknologi Pembelajaran

Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu teknologi pembelajaran, kita dapat melihat Pengertian Teknologi Pembelajaran dari para ahli, organisasi, atau lembaga terkemuka di bidang ini:

1. Menurut David H. Jonassen
David H. Jonassen, seorang ahli teknologi pendidikan, berpendapat bahwa teknologi pembelajaran adalah alat yang dapat digunakan untuk mendukung, meningkatkan, dan mengoptimalkan proses pembelajaran.

2. Menurut Imam Prayogo P
Imam Prayogo P. adalah seorang dosen teknologi pendidikan, beliau berpendapat bahawa teknologi pembelajaran adalah penerapan alat atau metode yang tepat dan sesuai dengan nilai etika untuk membuat proses belajar menjadi lebih baik. Alat dan metode ini mencakup segalanya mulai dari alat-alat digital seperti komputer dan aplikasi, hingga cara kita mengatur kelas agar siswa bisa mendapatkan manfaat maksimal dari proses belajar-mengajar.

3. UNESCO
UNESCO menganggap teknologi pendidikan sebagai pemanfaatan berbagai jenis teknologi yang diterapkan dalam konteks pendidikan untuk mendukung dan meningkatkan proses belajar.

4. Asosiasi Teknologi Pendidikan Internasional (AECT)
AECT mendefinisikan pengertian teknologi pembelajaran / teknologi pendidikan sebagai studi dan praktek etis dari memfasilitasi proses belajar dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola sumber daya dan proses pendidikan yang sesuai.

5. Khan Academy
Menurut Khan Academy, sebuah organisasi pendidikan nirlaba, teknologi pendidikan adalah pemanfaatan perangkat lunak, perangkat keras, dan proses pendidikan untuk membantu mencapai hasil belajar yang lebih efektif.

6. EdSurge Community
Komunitas EdSurge, sebuah organisasi yang fokus pada edtech, menyatakan bahwa teknologi pembelajaran adalah kombinasi dari perangkat digital dan strategi pedagogis untuk mempengaruhi hasil belajar yang positif.

Secara umum Teknologi pembelajaran adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses belajar-mengajar. Ini bukan hanya berarti penggunaan alat-alat elektronik atau digital, tetapi juga mencakup strategi, metode, dan teknik dalam menggunakan teknologi tersebut untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif.

Dengan merujuk pada pendapat-pendapat di atas, kita bisa melihat bahwa ada konsensus umum bahwa teknologi pembelajaran melibatkan lebih dari sekadar alat atau perangkat, tetapi juga strategi dan metode yang digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Jenis-Jenis Teknologi Pembelajaran

  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Termasuk di dalamnya adalah penggunaan internet, komputer, dan perangkat mobile.
  • Perangkat Lunak Edukatif: Seperti aplikasi belajar bahasa, software matematika, dan lain-lain. 
  • Media Sosial sebagai Alat Belajar: Platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram digunakan untuk memperluas jaringan dan sumber belajar.
  • Virtual Classroom: Ruang belajar virtual yang memanfaatkan video conferencing.
  • E-Books dan Digital Libraries: Sumber bacaan digital yang lebih mudah diakses dan dibawa ke mana-mana.

Dampak Positif Teknologi Pembelajaran

  • Fleksibilitas: Mengakomodasi berbagai gaya belajar dan kebutuhan individu.
  • Aksesibilitas: Materi lebih mudah diakses, memungkinkan pembelajaran dari mana saja dan kapan saja.
  • Interaktivitas: Teknologi memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa, maupun antar siswa.
  • Up-to-date: Materi pelajaran bisa dengan mudah diperbarui.

Dampak Negatif Teknologi Pembelajaran

  • Ketergantungan: Terlalu bergantung pada teknologi bisa menurunkan keterampilan dasar. 
  • Kesenjangan Digital: Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi.
  • Masalah Keamanan Data: Data pribadi siswa bisa terancam jika platform yang digunakan tidak aman.


Pengertian Teknologi Pembelajaran tidak hanya berkaitan dengan perangkat atau alat, tetapi juga strategi dan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan memahami berbagai definisi dari para ahli dan organisasi terkemuka, kita menjadi lebih paham tentang kompleksitas dan potensi yang ditawarkan oleh teknologi dalam pendidikan. Ini menjadi sangat penting dalam era yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang cepat dan perubahan pendidikan yang dinamis.

MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "6 Pengertian Teknologi Pembelajaran Menurut Ahli atau Organisasi"