Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Lengkap Input dan Output pada C++

Input Dan Output pada C++ - Pada bahasa C operasi input dan output dilakukan dengan memakai fungsi-fungsi yang ada di header file "stdio.h". contohnya untuk input dan output ke layar monitor digunakan perintah seperti scanf, printf, putch, dll. Untuk input dan output ke file digunakan perintah seperti fwrite, fread, fputc, dll.

Sedangkan bahasa pemrograman C++ memiliki teknik input dan output (I/O) yang baru, yaitu : menggunakan stream. Header file untuk input dan output stream adalah "iostream.h" dan beberapa file lain, seperti fstreamm.h, strstream.h dan constream.h.

Apa itu Stream ? Stream adalah suatu perintah logika  (logikal device) yang berguna untuk mendapatkan atau memberikan informasi.Stream akan dihubungkan dengan perangkat fisik (misalnya keyboard, screen / layar, maupun printer) melalui sistem input dan output (I/O). Semua stream mempunyai perilaku yang sama, sehingga suatu fungsi I/O dapat dioperasikan ke peralatan fisik yang berbeda. Sebagai contoh, jika kita akan melakukan penulisan data, maka cara yang digunakan untuk menuliskan ke layar maupun ke printer adalah sama. Dalam bahasa C++ untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan proses input dan output data digunakan file header "iostream.h" (dalam bahasa C digunakan file header stdio.h)
Pada saat program C++ memulai proses eksekusi, terdapat empat buah stream yang secara otomatis akan terbuka, yaitu seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini.
Nama Stream
Kegunaan
Peralatan Standar
cin
Input standar
Keyboard
cout
Output standar
Layar (Screen)
cerr
Kesalahan output standar
Layar (Screen)
clog
Cerr yang ter-buffer melalui file log
Layar (Screen)

Atau Stream dapat diartikan sebagai nama umum untuk menampung aliran data (contoh : file, mouse, keyboard), maupun untuk keluaran (contoh : printer, layer). Dalam C++ input berarti membaca dari stream dan output berarti menulis ke stream.

Apa itu Input ?

Perintah masukan / input adalah perintah yang berfungsi untuk mamasukan data pernyataan kedalam memori program, yang biasanya akan diproses dan dikeluarkan dalam bentuk peintah keluaran (output) atau kemungkinan diolah/diproses terlebih dahulu sebelum dikeluarkan. Perintah standar yang disediakan di bahasa pemrograman C++ untuk melakukan input adalah cin() sedangkan dalam bahasa C adalah scanf().

Bentuk umum Input Operator C++ :
cin>>variable;

Apa itu Output ?

Perintah keluaran / output adalah perintah yang berfungsi untuk menampilkan pernyataan sehingga muncul ke layar / hasil consol program. Perintah standar yang disediakan di bahasa pemrograman C++ adalah cout() sedangkan dalam bahasa C adalah printf().

Bentuk Umum Output Operator C++ :
cout<<ekspresi;

Dalam bahasa pemrograman C++ kita dapat menggunakan Escape Sequences untuk merepresentasikan sebuah karakter yang tidak ada dalam tradisional symbol. Berikut beberapa contohnya:
  • \n : baris baru / linefeed
  • \" : petik ganda
  • \b : back space

Contoh program Input Dan Output dalam Bahasa C++

Contoh program Input Dan Output dalam Bahasa C++
Contoh program Input Dan Output dalam Bahasa C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
     int sisi, luas;

     cout<<"========================="<<endl;
     cout<<"== Program Luas Persegi (Cpp) ==\n";
     cout<<"========================="<<endl;


     cout<<"\nRumus untuk menghitung Luas Persegi = Sisi x Sisi";

     cout<<"\n\nMasukkan panjang Sisi Persegi : ";

     // Contoh Input Bahasa C++
     cin>>sisi;

     luas = sisi*sisi;

     // Contoh Output Bahasa C++
     cout<<endl<<"Luas Persegi = "<<luas;

     return 0;
}

Contoh program Input Dan Output dalam Bahasa C

Contoh program Input Dan Output dalam Bahasa C
Contoh program Input Dan Output dalam Bahasa C
#include <stdio.h>

int main()
{
     int sisi, luas;

     printf("=======================\n");
     printf("== Program Luas Persegi (C) ==\n");
     printf("=======================\n");


     printf("\nRumus untuk menghitung Luas Persegi = Sisi x Sisi");

     printf("\n\nMasukkan panjang Sisi Persegi : ");

     // Contoh Input Bahasa C
     scanf("%d",&sisi);

     luas = sisi*sisi;

     // Contoh Output Bahasa C
     printf("\nLuas Persegi = %d", luas);

     return 0;
}


Sekian Artikel mengenai Pengertian dan Contoh Lengkap Input dan Output pada C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang input output C++, menampilkan output program C++ dan Stream dalam C++. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Contoh Lengkap Input dan Output pada C++
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Lengkap Input dan Output pada C++"