Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Compiler (Kompilator)

Pengertian Compiler (Kompilator) - Komputer memiliki bahasanya sendiri yang biasa disebut dengan bahasa mesin, Bahasa mesin adalah seperangkat instruksi serta data yang bisa dieksekusi secara langsung oleh prosesor komputer. Bahasa Mesin ialah tingkatan yang paling rendah dari bahasa pemrograman (misal bahasa Assembly) dan biasanya dipakai sebagai tujuan kompilasi oleh kompiler pada bahasa bahasa pemrograman yang lain pada tingkatan yang lebih tinggi (bahasa pemrograman tingkat tinggi misal bahasa C++, Pascal, Visual Basic, COBOL, atau Java).
Pengertian Compiler (Kompilator), Bahasa Pemrograman C++, Belajar Bahasa C++
Pengertian Compiler (Kompilator)

Pengertian Compiler Kompilator

Compiler atau Kompilator merupakan sebuah program komputer yang berfungsi untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang di tulis dalam bahasa pemrogrman lain salah satunya adalah C++.

atau Compiler atau Kompilator adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengubah source code / kode pemrograman menjadi bahasa mesin agar dapat dijalankan oleh komputer.

Istilah Compiler biasah digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (Contoh bahasa C++, Pascal, FORTRAN, Visual C#, COBOL, Visual Basic, Java, atau xBase) diterjemahkan menjadi bahasa mesin, biasanya menggunakan bahasa Assembly sebagai perantara. salah satu contoh Compiler dalam Bahasa C++ adalah Visual C++, GNU Compiler Collection (GCC) dan Borland C++.
Dalam proses yang ada di Compiler, bahasa pemrograman yang programer tulis akan diterjemahkan oleh perangkat lunak (Compiler / Kompilator) ke dalam bahasa mesin sehingga komputer bisa melaksanakannya dan juga para programer dimudahkan untuk memeberi perintah. Jika pemrograman komputer dikerjakan secara langsung di bahasa mesin menggunakan bahasa 1 dan 0. Bisa dibilang akan sangat lama, membosankan, sulit dipahami dan riskan akan kesalahan pengetikan dan penerjemahan. Untuk membuat semua itu lebih mudah. Akhirnya diciptakanlah Compiler / Kompilator.

Arsitektur Compiler / Kompilator modern biasanya bukan lagi merupakan program tunggal akan tetapi merupakan rangkaian komunikasi antar program dengan tugas yang spesifik. Program-program tersebut secara umum terdiri atas:
  • Kompilator itu sendiri, bertugas menerima kode sumber dan menghasilkan bahasa tingkat rendah (bahasa assembly)
  • Linker, berfungsi menerima berkas objek keluaran assembler yang kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan menghasilkan program yang bisa dieksekusi (executable), atau Linker juga bisa disebut sebagai suatu program yang menterjemahkan program objek (bereksention OBJ) ke bentuk program eksekusi (berekstension EXE atau COM)
  • Assembler, yang menerima keluaran kompilator dan menghasilkan berkas objek dalam bahasa mesin
Kompilator modern yang memakai arsitektur ini adalah FreeBASIC, Clang dan GCC.

Tanpa Compiler kode-kode yang ditulis oleh para programmer tidak bisa "dibaca" oleh komputer. Dengan kata lain Compiler bertindak sebagai media perantara antara para programmer dan mesin komputer

Pengertian IDE (Integrated Development Environment)

Integrated Development Environment (IDE), yaitu fasilitas yang diperlukan oleh para programmer dalam pembangunan program, IDE menyediakan semua fasilitas yang sangat membantu dalam mempermudah pembuatan Program. dengan kata lain IDE merupakan tempat di mana para programmer menulis (meng coding) dan melakukan pen-settingan atau konfigurasi dengan mudah pada program mereka.
Tujuan dari IDE sendiri ialah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan guna membuat sebuah perangkat lunak. Suatu IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, sebuah IDE setidaknya mempunyai fasilitas sebagai berikut:
  • Compiler / Kompilator merupakan fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber yang kemudian merubahnya ke bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
  • Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.
  • Linker merupakan fasilitas (suatu program yang) yang menerima berkas objek keluaran assembler untuk kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan menghasilkan program yang siap dieksekusi (executable).
  • Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.

Pada tahap tertentu IDE modern bisa membantu memberikan saran untuk mempercepat penulisan code program (coding). Pada saat penulisan kode, IDE juga mampu memberitahu bagian-bagian yang mengandung kesalahan / error / keraguan (misal menggunakan IDE Android Studio), didalam MateriDosen.Com ini contoh program C++ dibuat dengan menggunakan IDE Dev-C++.

Perlu diketahui bahwa Compiler dan IDE merupakan 2 hal yang berbeda, bisa dikatan bahwa Compiler merupakan yang menterjemahkan source code program yang ditulis ke dalam bahasa mesin. dan biasanya Compiler sudah built-in atau sudah menyatu dengan IDE, hal tersebutlah yang menyebabkan banyak orang merasa kebingungan untuk membedakan antara Compiler dan IDE. padahal IDE "hanya" sebagai tempat menuliskan dan melakukan berbagai macam konfigurasi terhadap program yang dibuat termasuk salah satunya yaitu melakukan pemilihan Compiler yang akan digunakan.


Sekian Artikel tentang Pengertian Compiler (Kompilator) dan hubungannya dengan C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Pengertian dari Compiler (Kompilator). Akhir kata, slamat berkenalan dengan dunia pemrograman.

Pengertian Compiler (Kompilator)
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Pengertian Compiler (Kompilator)"