Perulangan Do-While C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan

Perulangan adalah suatu proses eksekusi statemen-statemen dalam sebuah program secara terus-menerus sampai terdapat kondisi untuk menghentikannya. Operasi perulangan / looping selalu dijumpai didalam berbagai bahasa pemrograman, hal tersebut karena struktur perulangan akan sangat membantu dalam efisiensi program.

Struktur Do-While

Dalam C++ terdapat 3 jenis struktur perulangan, yaitu : Struktur For, Struktur While dan Struktur Do-While. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Struktur Perulangan Do-While dalam C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan. Berbeda dengan struktur while yang melakukan pemeriksaan kondisi di awal blok perulangan, pada struktur do-while kondisi justru ditempatkan di bagian akhir. Hal ini tentu menyebabkan struktur perulangan do-while minimal akan melakukan satu kali proses eksekusi statemen yang akan diulang walaupan kondisi yang didefinisikan tidak terpenuhi (bernilai salah).

Adapun bentuk umum dari struktur perulangan do-while adalah seperti yang tampak dibawah ini:
do {
     Statemen_statemen_yang_akan_diulang;
} while (kondisi);

Berikut 4 Perbedaan mendasar struktur perulangan while dan do-while:
  1. Pada struktur perulangan while, pengecekan kondisi dilakukan di awal blok / pengecekan kondisi dilakukan sebelum eksekusi statemen.
  2. Pada struktur perulangan do-while, pengecekan kondisi dilakukan di akhir blok / pengecekan kondisi dilakukan setelah eksekusi statemen.
  3. Pada struktur perulangan while, jika kondisi yang didefinisikan tidak terpenuhi (bernilai salah) maka statemen-statemen yang terdapat dalam blok perulangan tidak akan pernah dieksekusi oleh program.
  4. Pada struktur perulangan do-while, jika kondisi yang didefinisikan tidak terpenuhi (bernilai salah) maka tetap akan melakukan satu kali eksekusi statemen-statemen yang terdapat dalam blok perulangan.

Contoh Program dengan Struktur Do-While

Agar lebih memahami struktur perulangan do-while dan dapat membedakan antara strutur perulangan while dan do-while, kami akan memberikan contoh program yang serupa dengan contoh program pada artikel Perulangan While C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan. Berikut ini contoh program yang menunjukkan perulangan dengan menggunakan struktur do-while:
Contoh Program dengan Perulangan Do-While
Contoh Program dengan Perulangan Do-While
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
     // Mendeklarasikan variabel MD sebagai
     // Indeks perulangan
     int MD;

     // Melakukan inisialisasi nilai terhadap variabel MD
     // Perhatikan nilai MD = 25
     // Tidak sesuai dengan kondisi "MD < 8"
     // Namun tetap akan melakukan satu kali
     // Eksekusi statemen yang ada dalam blok perulangan
     MD = 25;

     do{
          cout<<"Belajar C++ Bareng MateriDosen.Com\n";

          // Statemen ini berguna untuk menaikkan nilai MD
          // Setelah MD bernilai 8 maka perulangan berhenti
          MD++;
     }while (MD<8);

     return 0;
}

Dalam menggunakan struktur perulangan do-while kita harus lebih teliti dan berhati-hati saat mendefinisikan kondisi yang terdapat di dalamnya. untuk lebih memahami struktur perulangan do-while, berikut contoh lain program yang menggunakan perulangan dengan struktur do-while.
Contoh Program II dengan Perulangan Do-While
Contoh Program II dengan Perulangan Do-While
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     int deret;

     cout<<"\t== Program Deret Angka (Do-While) ==\n\n";
     cout<<"Banyak deret Angka yang akan ditampilkan : ";
     cin>>deret;
     cout<<endl;

     do{
          cout<<deret<<"  ";

          // Menurunkan nilai variabel deret
          // deret-- ==> deret=deret-1
          deret--;
     }while(deret>0);

     cout<<"\n\n== Deret Selesai Ditampilkan ==\n";

     return 0;
}

Program diatas adalah program untuk mencetak deret angka / deret bilangan secara menurun, pencetakan dilakukan dari bilangan yang di inputkan sampai bilangan "0". Selain contoh diatas, masih banyak contoh perulangan lain yang dapat diterapkan dengan menggunakan struktur do-while, termasuk struktur do-while bersarang.


Sekian Artikel mengenai Perulangan Do-While C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Struktur perulangan do-while, contoh perulangan do-while dan contoh program dengan do-while pada C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Perulangan Do-While C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "Perulangan Do-While C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan"

Post a Comment