Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Break C++

Pada saat kita menggunakan struktur perulangan, seringkali kita dituntut untuk melakukan peloncatan / lompatan statemen. Kata "peloncatan" disini artinya kita memaksa agar eksekusi statemen berjalan sesuai urutan yang kita inginkan, yaitu dengan cara meloncat dari statemen yang satu ke statemen yang lain.

Peloncatan statemen biasa digunakan agar program yang dibuat tidak terjebak pada perulangan (looping) tak terhingga. Atau untuk mengeluarkan proses pengeksekusian dari dalam pernyataan IF, For dan lainnya agar kembali ke pembacaan baris yang diinginkan.

Dalam bahasa C++, terdapat 4 pernyataan yang dapat digunakan untuk melakukan peloncatan, yaitu break, continue, goto dan fungsi exit(). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pernyataan peloncatan menggunakan Kata Kunci Break / Pernyataan Break dalam C++ lengkap dengan contoh program beserta penjelasannya, dimana contoh program kami buat menggunakan IDE Dev-C++.

Pengertian Kata Kunci Break / Pernyataan Break dalam C++

Pernyataan Break berfungsi untuk menghentikan proses perulangan (for, while dan do-while), sehingga program akan langsung meloncat ke statemen yang berada dibawah blok perulangan yang bersangkutan / sesudah akhir dari blok perulangan. Kata Kunci break biasanya digunakan untuk menghindari proses perulangan yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi.

Pernyataan / Kata kunci break sebelumnya juga telah dibahas pada Percabangan menggunakan statemen switch. Dalam percabangan menggunakan switch, pernyataan break digunakan untuk keluar dari struktur switch.

Bentuk umum penulisan pernyataan Break:
break;

Contoh Program dengan Break C++

Untuk dapat memahami penggunaan pernyataan break dalam C++, disini kita akan membuat contoh program yang dapat menuliskan teks "Belajar Bareng Materi Dosen dot Com" sebanyak 10 kali. Namun perlu untuk diperhatikan bahwa disini kita akan memaksa proses perulangan dengan mendefinisikan kondisi yang selalu bernilai benar sampai 50 kali perulangan. Struktur perulangan yang kita pilih untuk menjawab kasus ini adalah struktur for.
Contoh Program dengan Break C++
Contoh Program dengan Break C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
     // Mendeklarasikan variabel MD
     // Yang nantinya digunkana sebagai
     // nilai awal dalam perulangan FOR
     int MD;

     for(MD=0;MD<50;MD++){
          if(MD==10){
               break;
          }
          cout<<"Belajar Bareng Materi Dosen dot Com\n";
     }

     cout<<"\nPerulangan berhenti saat MD = "<<MD;

     return 0;
}

Statemen for akan memaksa program untuk selalu melakukan pengulangan / perulangan selama kondisi saat berjalan nya program terpenuhi (selama MD kurang dari 50), sehingga program harus memiliki statemen yang dapat menghentikan perulangan tersebut agar teks "Belajar Bareng Materi Dosen dot Com" hanya tercetak sebanyak 10 kali.
Karena kita ingin melakukan perulangan sebanyak 10 kali maka kita harus menempatkan pernyataan break pada saat variabel MD bernilai 10. Kenapa 10 ? Jawabnnya adalah karena nilai awal yang kita definisikan untuk variabel MD adalah 0. Setelah pernyataan break dieksekusi, maka jalannya program akan meloncat langsung ke statemen yang terdapat di bawah blok perulangan tanpa mengeksekusi lagi statemen cout<<"Belajar Bareng Materi Dosen dot Com\n"; yang terdapat di dalam blok perulangan.


Sekian Artikel mengenai Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Break C++. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Kata Kunci Break C++, Pernyataan Break C++, Statement Break C++ dan Contoh Program Break C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Break C++
MateriDosen.Com

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Program, Pernyataan Break C++"