6 Macam Operator Relasional C++, Lengkap Contoh Program

Operator adalah tanda / simbol yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi ataupun manipulasi tertentu didalam program. dengan operator kita dapat melakukan operasi perhitungan, perbandingan, manipulasi bit, dan lain lain.

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak menyediakan operator, salah satunya adalah Operator Relasional. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai operator relasional dalam C++ lengkap dengan contoh program beserta penjelasannya, dimana contoh program kami buat menggunakan IDE Dev-C++.

Pengertian Operator Relational

Operator Relasional / Kesetaraan adalah operator yang digunakan untuk menentukan relasi atau hubungan dari dua buah operand. Operator relational ditempatkan untuk membandingkan dua ekspresi, yang kemudian akan menentukan benar atau tidaknya hasil operasi tersebut. Misalnya, untuk menentukan apakah suatu variable memiliki nilai lebih besar atau lebih besar dari sama dengan. dan Hasil operasi tersebut akan bernilai benar (true) atau salah (false).
Berdasarkan pengelompokannya operator relasional merupakan salah satu dari 4 jenis operator binary. Adapun yang termasuk dalam operator relasional di dalam C++ adalah seperti yang tampak pada tabel dibawah ini, berikut 6 Macam Operator Relasional C++:
Operator
Jenis Operasi
Contoh
>
Lebih Besar
(8 > 5) = 1
<
Lebih Kecil
(8 < 5) = 0
>=
Lebih Besar atau Sama Dengan
(8 >= 5) = 1
<=
Lebih Kecil atau Sama Dengan
(8 <= 5) = 0
==
Sama Dengan
(8 == 5) = 0
!=
Tidak Sama Dengan
(8 != 5) = 1
*Keterangan → 1 = True, 0 = False

Operator Pengisian / Operator Assignment (operator "=" dengan satu tanda sama) tidak sama dengan Operator Relasional / Kesetaraan (operator "==" dengan dua tanda sama). tanda "=" memiliki fungsi untuk memberikan nilai ke sebuah variabel, sementara tanda "==" memiliki fungsi untuk membandingkan apakah nilai-nilai di kedua sisi operator adalah sama, dimana hasil operasi dengan tanda "==" akan memberikan nilai benar (true / 1) atau salah (false / 0)

Contoh Program Menggunakan Operator Relasional C++

Operator Relasional / Kesetaraan banyak digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sebuah ekspresi (kondisi) dalam struktur percabangan dan pengulangan. Untuk lebih jelasnya mengenai Operator Relasional dalam C++, dapat sobat lihat pada contoh program dibawah ini:
Contoh Program Menggunakan Operator Relasional C++
Contoh Program Menggunakan Operator Relasional C++
#include <iostream>

using namespace std;

int main(){

     float a, b, c, d, e, f, M, D;

     cout<<"Masukan Nilai M = "; cin>>M;
     cout<<"Masukan Nilai D = "; cin>>D;

     a = M > D;
     b = M < D;
     c = M >= D;
     d = M <= D;
     e = M == D;
     f = M != D;

     cout<<"\nHasil dari "<<M<<" > "<<D<<"  = "<<a;
     cout<<"\nHasil dari "<<M<<" < "<<D<<"  = "<<b;
     cout<<"\nHasil dari "<<M<<" >= "<<D<<" = "<<c;
     cout<<"\nHasil dari "<<M<<" <= "<<D<<" = "<<d;
     cout<<"\nHasil dari "<<M<<" == "<<D<<" = "<<e;
     cout<<"\nHasil dari "<<M<<" != "<<D<<" = "<<f;

     return 0;
}


Sekian Artikel mengenai 6 Macam Operator Relasional C++, Lengkap Contoh Program. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang operator relasional dan operasi relasional dalam C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

6 Macam Operator Relasional C++, Lengkap Contoh Program
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "6 Macam Operator Relasional C++, Lengkap Contoh Program"

Post a Comment