15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat

Di era modern ini sudah banyak orang yang melakukan aktivitasnya didepan komputer, dari anak-anak, remaja, orang dewasa, pelajar maupun pekerja kantoran. bahkan semua kegiatan pun semakin banyak yang memakai komputer, baik itu di sekolah, di kantor maupun di mall. Hal ini karena kebutuhan manusia terhadap efisiensi waktu yang sangat tinggi untuk mendukung pekerjaan mereka.

Akan tetapi, apakah sobat sadar bahwa pemakaian komputer yang salah akan mempengaruhi tubuh sobat seperti kepala, leher, mata, lengan dan punggung. Selain itu penggunaan komputer pada jangka waktu yang lama dapat berakibat stres fisik dan akhirnya menyebabkan tubuh menjadi cacat. Untuk menanggulangi efek negatif dari kesalahan pemakaian komputer, pada kesempatan kali ini kita akan membagikan Tips Menggunakan Komputer yang baik dan sehat. Tentunya sobat tidak ingin kan hal-hal buruk yang telah kami sebutkan diatas terjadi pada diri sobat ? Yuk kita simak 15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat dibawah ini.

15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat

1. Perhatikan Posisi Duduk

Tips cara sehat menggunakan komputer yang pertama adalah dengan memperhatikan posisi duduk. Posisi duduk turut mempengaruhi ketika berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Posisi duduk yang baik ketika menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak lurus ke atas namun tidak terlalu kaku, posisi kaki dapat menyanggah lantai, Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat, Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat mengurangi ketegangan otot dan persendian

2. Perhatikan Posisi Kepala dan Leher

Tips menggunakan komputer yang baik dan sehat berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi kepala dan leher. pada saat berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah melihat langsung kelayar monitor. Posisis kepala menghadap ke layar dengan jarak yang ideal adalah 50 cm dari monitor. kemudian posisi eher tidak boleh mengadah atau membungkuk karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.

3. Perhatikan Posisi Pundak

Tips menggunakan komputer yang baik dan sehat yang ketiga adalah dengan memperhatikan posisi pundak. Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.

4. Perhatikan Posisi Punggung

Posisi punggung yang baik saat bekerja didepan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kanan atau ke kiri, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk memperoleh posisi punggung yang baik, sebaiknya dibarengi dengan penggunaan tempat duduk yang baik dan nyaman.

5. Perhatikan Posisi Lengan dan Siku

Posisi lengan yang baik adalah apabila dapat mengetik dan menggunakan mouse dengan nyaman. Meskipun setiap orang mempunyai posisi nyamannya tersendiri. namun biasanya posisi lengan yang baik terjadi bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
Patikan juga Mouse dan Keyboard terletak tidak jauh dari tangan, sehingga mudah dijangkau dan lengan dapat lebih rileks, Selain itu Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika sobat menggunaan rak keyboard yang dapat diatur ketinggiannya, itu lebih disarankan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan sobat.

6. Perhatikan Posisi Kaki

Pada saat berkerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki atau atau pijakan kaki yang stabil dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut lebih dari 90 derajat.

7. Perhatikan Padangan Mata

Bekerja didepan komputer secara terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan sering mengedipkan mata sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering serta mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer sobat, lalu lihat benda yang berada dikejauhan atau lihatlah tanaman yang berwarna hijau.

15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat
15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat

8. Perhatikan Posisi Monitor

Posisi Monitor seharusnya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan sobat untuk berhadapan secara langsung dengan monitor komputer, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan sobat untuk memutar posisi duduk. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
  • Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.
  • Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
  • Atur posisi sehingga jarak sobat dan monitor berkisar 50 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
  • Jagalah agar kondisi layar monitor tetap bersih dari debu.

9. Mengurangi Kecerahan pada Layar

Tips sehat menggunakan komputer selanjutnya adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar. Layar yang terlalu cerah dapat mempengaruhi kesehatan mata, apalagi jika digunakan pada jangka waktu yang lama. Oleh karena itu ketika sobat sering berada di depan komputer dalam waktu yang lama sebaiknya kurangi intensitas cahaya pada monitor sobat.

10. Memasang Pelindung Layar

Tips cara sehat menggunakan komputer ke sepuluh adalah dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar berguna untuk melindungi mata ketika menatap layar monitor pada jangka waktu lama. Menatap monitor pada jangka waktu lama dapat mengakibatkan mata lelah, serta mata minus untuk waktu tertentu. Oleh karena itu jangan lupa sematkan pelindung layar pada monitor komputer sobat.
Terutama Jika komputer sobat masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor wajib dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika sobat sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka sobat tidak perlu menggunakan filter pada layar monitor, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).

11. Posisi Mouse dan Keyboard yang Mudah Dijangkau

Pastikan sobat tidak menempatkan keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau, apalagi jika sobat harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan memperlambat pekerjaan sobat. Agar proses megetik lebih nyaman, berikut tips penempatan posisi maouse dan keyboard yang baik dan benar:
  • Letakkan mouse dan keyboard tidak jauh dari jangkauan tangan sehingga mudah dijangkau dan lengan dapat lebih rileks.
  • Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi, tetapi pastikan juga kaki sobat tidak tergantung, jika memungkinkan sebaiknya sobat menggunakan sandaran kaki.
  • Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika sobat menggunaan rak keyboard yang dapat diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard bisa menyesuaikan dengan tangan sobat.
  • Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.

12. Pilih Mouse yang Sesuai

Jika sobat memerlukan waktu yang lama saat beraktifitas didepan komputer, maka sebainya pakailah mouse yang berukuran besar. Jangan memakai mouse yang berukuran kecil atau bahkan hanya touch pad. Hal tersebut akan membuat jari-jari sakit bahkan kram jika terlalu lama. Jika mouse sobat berukuran besar maka relatif akan lebih nyaman jika dipakai beraktifitas didepan komputer dalam waktu yang lama.

13. Menghindari Penggunaan Komputer di Ruangan yang Minim Cahaya

Cara sehat penggunaan komputer yang ke tiga belas adalah mencegah penggunaan komputer di ruangan sedikit cahaya. Pemakaian komputer pada ruang yang minim cahaya dapat mengakibatkan permasalahan pada mata seperti mata minus. Oleh sebab itu ketika menggunakan komputer meski dalam waktu singkat usahakan pada tempat yang mendapat cahaya / penerangan yang memadai.

14. Istirahatlah Secara Periodik

Cara sehat menggunakan komputer berikutnya adalah melakukan istirahat secara periodik, sangat tidak disarankan menggunakan komputer dalam jangka waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini dapat mengakibatkan badan terasa pegal-pegal dan nyeri pada punggung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik saat menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat meminimalisir pegal-pegal serta menambah kenyamanan sobat saat menggunakan komputer.
  • Sebelum menggunakan komputer, ada baiknya jika sobat terlebih dahulu melakukan pemanasan. Caranya cukup simple, sobat hanya perlu duduk di kursi sambil meregangkan jemari. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan kaki dan tangan, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
  • Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
  • Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi minimal sebanyak 3 kali.

15. Ciptakan Lingkungan yang Bersih, Rapi dan Tenang

Cara sehat menggunakan komputer yang terakhir adalah Menciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang. Fator lingkungan sangat penting dan sangat menunjang aktifitas menggunakan komputer. Jika lingkungan bersih, rapi dan tenang, maka secara otomatis sobat juga lebih rileks dan tenang dalam melakukan pekerjaan didepan komputer. Dan dapat sobat bayangkan jika lingkungan berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan akan terganggu karena faktor lingkungan sangat berkaitan dengan kenyamanan dan kesehatan.


15 tips diatas tidak sulit bukan untuk sobat terapkan ? Bila sobat terakkan 15 tips diatas banyak keuntungan yang sobat dapat, Seperti tubuh akan terasa lebih nyaman, tidak mudah letih atau pegal, dan terutama sobat bisa menjaga kesehatan mata.

Sekian Artikel mengenai 15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang tips trik komputer, tips komputer dan posisi duduk menggunakan komputer. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "15 Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat"

Post a Comment