Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan

Apa itu Variabel ? Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta dimemori yang memiliki nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program. Dimana dalam penamaan nya terdapat ketentuan-ketentuan dalam pemberian nama variabel.

Kemudian Apa itu Pointer ? Pointer merupakan sebuah variabel yang berisi alamat (menunjuk ke sebuah alamat) dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori pada sebuah variabel. Dalam melakukan operasi pada Pointer, Terdapat 2 macam operator pointer yang disediakan dalam bahasa C++ yaitu Operator dereference (&) dan Operator reference (*).

Secara singkat Fungsi dari Operator dereference (&) dan Operator reference (*) adalah, Operator dereference digunakan Jika kita mempunyai sebuah variable dengan tipe data tertentu, maka untuk mendapatkan alamat memori dari variable tersebut adalah dengan menggunakan operator & (Operator dereference). Sedangkan operaor reference digunakan untuk mendeklarasikan variable sebagai pointer, dalam mendeklarasikan sebuah variabel menjadi pointer kita hanya menambahkan tanda asterisk (*) di depan nama variable tersebut. Operator reference (*) juga digunakan untuk menampilkan (mengeluarkan) nilai dari alamat memori yang di tunjuk. untuk penggunaan nya sendiri sobat dapat menambahkan identifier asterisk (*) didepan variabel. biasanya Operator reference disebut dengan "value pointed by"
Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan
Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan

Kemudian bagaimana Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel ? seperti yang terlah kita singgung tadi salah satu penggunaan Operaor Reference adalah untuk mendeklarasikan variable sebagai pointer, dalam mendeklarasikan sebuah variabel menjadi pointer kita hanya menambahkan tanda asterisk (*) di depan nama variable tersebut, Berikut bentuk umum Dekalrasi Variabel bertipe Pointer dalam C++:
tipe_data  *nama_pointer;
atau
tipe_data*  nama_pointer;
Tipe data diatas berguna untuk menyatakan bahwa pointer yang kita deklarasikan tersebut akan ditempati oleh data dengan tipe tertentu. sebagai contoh saat kita akan mendeklarasikan pointer P yang akan ditempati oleh tipe data long, maka bentuk pendeklarasiannya adalah sebagai berikut:
// Mendeklarasikan pointer P dengan tipe data long
long *P;
Jika kita mempunyai sebuah variabel yang bertipe long (misal X), maka kita dapat memerintahkan pointer P diatas untuk menunjuk ke alamat yang ditempati oleh variabel X. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu menuliskan kode seperti berikut:
// Mendeklarasikan variabel X dengan tipe long
long X;

// Mendeklarasikan pointer P
long P;

// Memerintahkan P untuk menunjuk alamat dari variabel X
P = &X;
Apabila kita analisis potongan kode diatas, sebenarnya konsepnya sangat sederhana. Kita tahu bahwa P adalah pointer (berisi alamat) dan &X juga berisi alamat (alamat variabel X), maka kita dapat menyimpan alamat dari variabel X tersebut ke dalam pointer P. Kita tidak diizinkan untuk memasukkan sebuah nilai (bukan alamat) ke dalam pointer P, seperti yang ditunjukkan oleh kode berikut:
// Salah, karena X berupa nilai (bukan berupa alamat)
P = X;
apabila kita memang ingin mengisikan nilai kedalam alamat yang disimpan oleh pointer P, maka seharusnya kita menggunakan tanda asterisk (*) di depan nama pointer tersebut, yaitu dengan mengubah kode diatas menjadi seperti dibawah ini:
// Benar, karena *P merupakan nilai yang berada pada pointer P
*P = X;
Sebagai catatan bahwa *P ini disebut dengan deference pointer, silakan baca materi Pointer pada C++, Lengkap Contoh Program dan Pembahasan , agak lebih jelas mengenai Operator dereference (&) dan Operator reference (*).

Untuk dapat lebih memahami konsep pointer. berikut ini kami sajikan contoh implementasi program sederhana pointer dalam bahasa C++. kode dari program tersebut adalah sebagai berikut:

Contoh Program Sederhana Pointer dalam C++, Lengkap Pembahasan

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){

     //deklarasi variabel x dengan tipe data int
     int x;

     //deklarasi pointer p dengan tipe data int
     int *p;

     x = 20;
     p = &x;

     cout<<"\t\t===== Program Contoh Pointer =====\n\n";

     cout<<"Nilai X   \t\t: "<<x<<endl;
     cout<<"Alamat X (&X) \t\t: "<<&x<<endl<<endl;

     cout<<"Nilai yang ditunjuk *P\t: "<<*p<<endl;
     cout<<"Alamat yang ditunjuk *P\t: "<<p<<endl;
     cout<<"Alamat *P (&P) \t\t: "<<&p<<endl;

     // mengisi nilai 30 kedalam *p / alaman yang ditunjuk pointer p
     // untuk megisikan nilai melalui alamat pointer gunakan *
     // karena alamat memori yang ditunjuk pointer p merupakan alamat memori variabel x
     // maka nilai dari variabel x juga ikut berubah
     *p = 30;

     cout<<"\n\n\nNilai X   \t\t: "<<x<<endl;
     cout<<"Alamat X (&X) \t\t: "<<&x<<endl<<endl;

     cout<<"Nilai yang ditunjuk *P\t: "<<*p<<endl;
     cout<<"Alamat yang ditunjuk *P\t: "<<p<<endl;
     cout<<"Alamat *P (&P) \t\t: "<<&p<<endl;

     return 0;
}
Contoh Program Sederhana Pointer dalam C++, Lengkap dengan Pembahasan
Contoh Program Sederhana Pointer dalam C++, Lengkap dengan Pembahasan

Dari program (code) Contoh Pointer dalam C++ diatas, kami mencoba membuat ilustrasinya pada gambar dibawah ini sehingga sobat dapat lebih memahami code yang kami buat, perlu diketahui alamat memori dari sebuah variabel / pointer pada setiap komputer kemungkinan besar berbeda.
Ilustrasi Pointer pada C++, Pada Program Sederhana Pointer dalam C++
Ilustrasi Pointer pada C++, Pada Program Sederhana Pointer dalam C++

Apabila kita amati hasil program diatas, pada saat kita mengisi variabel x dengan nilai 20, *p juga akan bernilai 20. begitu juga saat kita memasukkan nilai ke dalam *p dengan nilai 30, variabel x juga akan berubah nilainya menjadi 30. Hal ini menunjukkan bahwa *p akan selalu sama dengan variabel x, hal ini disebabkan karena pointer p menunjuk alamat memori dari variabel x, yaitu 0xgffe3c.


Sekian Artikel mengenai Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan
MateriDosen.Com

Suka dengan artikel kami ? Ayo dapatkan artikel terbaru dari kami langsung via email mu:

0 Response to "Cara Deklarasi Pointer Pada Variabel C++, Lengkap Contoh dan Penjelasan"

Post a Comment